Tak bisa lepas dari ponsel? Ini 5 dampak serius dari radiasi HP bagi kesehatan

Brilio.net - Sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, ponsel telah menjadi jantung komunikasi modern. Di era sekarang, ponsel menyediakan akses instan ke informasi dan komunikasi, sehingga menjadi alat yang sangat praktis dan efisien dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kemampuan untuk terhubung dengan orang lain, mengakses internet, dan menjalankan berbagai aplikasi, ponsel pintar telah menjadi pusat aktivitas manusia.

Meski begitu, kecanggihan yang ditawarkan ponsel memiliki dampak buruk. Pasalnya, ketergantungan pada ponsel pintar dapat terjadi secara perlahan dan tidak disadari seiring waktu. Dengan penggunaan yang berlebihan dapat mengganggu keseimbangan hidup dan kesehatan mental. Sehingga penting bagi setiap individu untuk menyadari pola penggunaan ponsel pintar.

Caranya dengan melakukan langkah-langkah untuk mengelola dan mengurangi ketergantungan jika diperlukan. Jika penggunaan ponsel tidak dibatasi, dampak kesehatan dari paparan radiasi yang dihasilkan bisa mengancam. Nggak bisa disepelekan, paparan radiasi yang dihasilkan dari HP ini bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Berikut dampak serius dari radiasi HP bagi kesehatan yang bisa kamu dapat ketika tidak bisa lepas dari HP, dirangkum brilio.net setelah dirangkum dari beberapa sumber, Jumat (26/4).

1. Kerusakan pada mata.

foto: pixabay.com

Penggunaan ponsel dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kelelahan mata. Hal ini biasanya dimulai dengan mata yang kering, perih, atau terasa berat. Paparan cahaya biru dengan intensitasnya cukup tinggi menyebabkan mata harus bekerja lebih keras untuk fokus. Ditambah lagi, mata cenderung fokus pada objek yang berada dalam jarak pandang yang dekat.

Hal tersebut dapat menyebabkan kelelahan pada otot-otot mata karena terus-menerus bekerja dalam posisi yang sama. Fokus yang berlebih tersebut mendorong mata untuk mengurangi intensitas kedipan. Kerusakan mata yang ditimbulkan akan terasa secara berkala. Mata nyeri dan penglihatan buram menjadi resiko paling minim dalam penggunaan ponsel yang berlebih. Efek paling parahnya, bisa menyebabkan kebutaan.