Gimana caranya biar getah terong hilang?

Usai dicuci, terong bisa dipotong-potong dengan ukuran sesuai selera masing-masing. Setelah itu, siapkan mangkuk atau baskom untuk meletakkan terong. Isi dengan air sampai seluruh terong terendam, lalu tambahkan cuka putih secukupnya.

"Rendam air dan cuka masak kurang lebih 2 menit," kata YouTube Simple Menu, dikutip BrilioFood pada Jumat (2/6).

Usut punya usut, merendam terong dengan air dan cuka sebelum dipanggang berguna agar getahnya hilang. Selain itu, cuka juga dianggap bisa membantu bumbu meresap nantinya serta tekstur serat terong tak alot lagi. Kemudian, terong bisa ditiriskan dan dicuci kembali atau langsung dipindahkan ke mangkuk lain untuk diberi bumbu.

foto: YouTube/Simple Menu

Pemilik akun YouTube Simple Menu menggunakan campuran bumbu dari bawang putih cincang, saus tiram, garam, gula, serta kecap asin. Setelah diberi bumbu, aduk-aduk hingga semua terong terselimuti oleh bumbu. Nah, biar terong nggak hambar setelah dimasak, terong wajib dimarinasi kurang lebih selama 30 menit.

foto: YouTube/Simple Menu

Kalau terong sudah siap dimasak, panaskan dulu grill pan atau teflon apapun yang ada di rumah. Beri sedikit minyak atau margarin di atasnya. Lalu, jika sudah cukup panas, letakkan terong di atasnya dan panggang sambil dibolak-balik hingga matang sempurna. Sembari memanggang, terong bisa dioleskan lagi dengan sisa bumbu marinasi yang dicampurkan dengan kecap manis.

foto: YouTube/Simple Menu

Gimana, mulai sekarang nggak perlu takut terong jadi alot atau hambar lagi saat mengolahnya jadi menu panggangan, kan? Menilik kolom komentar di unggahan YouTube Simple Menu, tak sedikit warganet yang tertarik bikin terong panggang dengan trik ini, lho. Unggahan ini pun sudah ditonton lebih dari 38 ribu kali.

"Terima kasih resep nya... Ini other option utk masak eggplants (cara lain masak terong) yg biasanya di balado ... TERIMA KASIH 🥰😍😘🇮🇩❤️," kata YouTube Audrey Priminta Setiyati.

"Saya sudah coba terong bakar ny. Enak apalagi di cocol sambel kecap," ungkap YouTube Audric Leisig.

"Akan kucoba 🤩," cetus YouTube Garnisum Lordmobile.

"Terima kasih resepnya," ujar YouTube Bunda Humairah.