Bukan dibungkus kertas, trik simpan bawang putih agar tak busuk dan hitam berbulan-bulan tanpa kulkas

Brilio.net - Bawang putih dikenal sebagai salah satu bahan atau bumbu dapur yang memberikan rasa dan aroma khas pada masakan. Bumbu dapur satu ini kerap digunakan sebagai bahan utama untuk memberikan cita rasa yang kaya dan kompleks pada masakan. Rasa manis dan pedas bawang putih dapat meningkatkan kenikmatan saat menyantap makanan, terutama pada masakan tumis, sup, dan saus.

Selain memberikan rasa yang lezat, bawang putih juga dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antimikroba, antivirus, dan antijamur. Senyawa ini dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Bawang putih juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, serta memiliki potensi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Karena sering digunakan dalam berbagai hal, banyak orang kemudian menyimpan bawang putih sebagai stok bumbu dapur. Biasanya sejumlah orang memilih untuk menyimpan bawang putih ini di kulkas. Namun ada juga yang menyimpannya di suhu ruang dengan cara dibungkus kertas.

Selain dengan sejumlah metode tersebut, ada trik lain menyimpan bawang putih agar tak mudah busuk meski disimpan berbulan-bulan di suhu ruang. Nah, trik ini pernah dibagikan oleh pengguna Instagram @ummubalqishaura. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku ada tambahan bahan dapur yang digunakan saat hendak menyimpan bawang putih agar awet meski tak dimasukkan ke dalam kulkas.