Bukan diamplas, ini trik hilangkan karat menahun pada pisau agar tajam kembali pakai 1 bahan dapur

Brilio.net - Karat pada pisau seringkali menjadi masalah serius di dapur. Bukan tanpa sebab, karat pada pisau membuat tampilan perabot satu ini jadi tampak kusam. Selain itu, karat juga bikin pisau sulit digunakan atau bahkan tumpul, sehingga mengurangi efektivitasnya dalam memotong.

Untuk mengatasi pisau berkarat, ada beberapa metode yang bisa digunakan. Salah satu metode yang sering digunakan adalah dengan menggosok pisau menggunakan amplas. Selain membantu menghilangkan karatnya, amplas juga bisa membuat pisau kembali tajam, lho.

Namun alih-alih menggosoknya dengan amplas, ada metode lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Seorang pengguna Instagram @jesep.ardin pernah membagikannya lebih lanjut melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku hanya menggunakan bahan dapur untuk menghilangkan karat di pisau.

Dilansir BrilioFood pada Kamis (25/4), bahan dapur yang dimaksud adalah jeruk nipis. Yup! Jeruk nipis dinilai bisa membantu merontokkan karat dan membuat pisau kembali tajam. Bahkan karat yang menahun juga bisa luntur dengan satu bahan dapur ini.

Namun agar lebih mudah dibersihkan dengan jeruk nipis, ada sejumlah tahapan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membakar pisau di atas api kompor. Bakar sampai pisau benar-benar panas secara merata, ya.

foto: Instagram/@jesep.ardin

Selanjutnya, siapkan gelas dan isi dengan air panas sampai penuh. Barulah kemudian masukkan pisau yang sudah dibakar tadi ke dalam gelas berisi air panas. Diamkan selama beberapa saat sampai pisau dan air dalam gelas jadi dingin. Hal ini akan membuat karat pada pisau mulai lunak dan mudah dibersihkan, nantinya.

foto: Instagram/@jesep.ardin

Jika sudah dingin, ambil pisaunya, lalu gosok permukaan yang berkarat dengan potongan jeruk nipis. Karena sudah lunak, karat di pisau jadi mudah luntur saat digosok. Lakukan proses ini sampai pisau benar-benar bersih. Barulah kemudian bilas pisau dengan air mengalir.