Cara menggunakan pengontrol PS5 di Windows 10, pakai kabel USB biar lebih lancar

Techno.id - Pengontrol DualSense Sony untuk PlayStation 5 juga dapat bekerja dengan Windows 10 dan Steam, selama kamu tidak keberatan kehilangan beberapa fitur seperti pemicu adaptif. Kamu juga dapat membuat DualSense berfungsi dengan game non-Steam jika ingin mencoba beberapa aplikasi pihak ketiga untuk membantu pengontrol terhubung. 

Memasang pengontrol PS5 ke PC Windows 10

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Kamu dapat memasangkan pengontrol DualSense dengan kabel USB atau melalui Bluetooth. Namun, meskipun menghubungkan melalui Bluetooth relatif mudah, koneksi Bluetooth pengontrol bukanlah yang terbaik, jadi sangat disarankan menghubungkan pengontrol ke komputer melalui USB.

1. Untuk mulai memasangkan, colokkan kabel USB ke komputer dan bagian atas pengontrol DualSense. Tunggu beberapa detik hingga Windows mendeteksi pengontrol. Kamu akan tahu bahwa pengontrol berfungsi jika lampu LED pengontrol di sekitar panel sentuh menyala.

2. Selanjutnya, buka Control Panel di PC Windows 10 kamu dan mengonfirmasi apakah komputer telah mengidentifikasi pengontrolnya. Untuk melakukannya, tekan tombol Windows, ketik “Control Panel” lalu tekan Enter untuk meluncurkan aplikasi Control Panel.

3. Dari menu Control Panel, klik “Devices and Printer.”

4. Di bawah “Perangkat” (Divices), pengontrol DualSense akan muncul sebagai “Pengontrol Nirkabel.”

Sebelum melanjutkan ke Steam, kamu harus memeriksa dan melihat apakah Windows 10 telah menambahkan pengontrol DualSense sebagai perangkat audio?. Begini cara memeriksanya.

1. Buka “Pengaturan” (Setting), klik “Sistem” (System), lalu “Suara” (Sound).

2. Selanjutnya, klik “Kelola Perangkat Suara” (Manage Sound Devices).

3. Di layar ini, kamu mungkin akan melihat bahwa DualSense adalah perangkat input dan output.

4. Klik pada perangkat dan pilih nonaktifkan untuk kedua instance, dan Windows 10 tidak akan lagi default ke DualSense sebagai perangkat audio.