Nggak perlu rutin laser, cara hilangkan flek hitam membandel di wajah ini cuma butuh 4 bahan dapur

Brilio.net - Laser wajah adalah salah satu perawatan yang umum dilakukan untuk mengurangi tampilan flek hitam membandel di wajah. Pasalnya, treatment ini dinilai efektif untuk menghilangkan flek dan mengatasi wajah kusam. Namun sayangnya perawatan ini membutuhkan biaya yang tidak murah.

Flek hitam sendiri merupakan kondisi munculnya bintik-bintik hitam kecokelatan di beberapa area kulit, terutama pada permukaan kulit wajah. Hal ini juga kerap disebut dengan hiperpigmentasi. Bukan tanpa alasan, masalah kulit ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti penuaan, paparan sinar matahari yang berlebihan, perubahan hormon, gaya hidup yang tidak sehat, polusi, faktor penuaan, dan kurang merawat wajah.

Namun di antara beberapa faktor tersebut, paparan sinar matahari adalah penyebab paling umum munculnya flek hitam. Pasalnya, sinar UV matahari akan memicu sel melanosit sebagai pigmen alami kulit untuk memproduksi zat melanin melebihi batas normal. Ini merupakan upaya alami kulit untuk melindungi diri dari efek buruk sinar matahari.

Melanin yang berlebihan ini lah yang menjadikan kulit muncul bintik-bintik kehitaman atau kecokelatan di beberapa area wajah. Jika kamu salah satu yang mengalaminya, tak perlu khawatir karena kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Nah, kamu bisa menyimak video yang dibagikan pengguna TikTok @srishtisingh_, yang memanfaatkan bubuk kunyit, yogurt, madu, dan cuka untuk memudarkan masalah flek hitam.

Kandungan kunyit untuk memudarkan flek hitam

foto: TikTok/@srishtisingh_

Kunyit memiliki segudang manfaat untuk merawat kecantikan kulit wajah. Beberapa manfaatnya yaitu dapat mencerahkan wajah dan memudarkan warna kulit tidak merata akibat flek hitam. Dilansir dari Healthline, manfaat kunyit untuk kecantikan ini berkat komponen bioaktif kurkumin yang terkandung di dalamnya. Kurkumin memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, sehingga dapat menangkal radikal bebas penyebab munculnya flek hitam yang membandel di wajah.