Tanpa dicampur garam atau asam jawa, ini trik rebus daun pepaya agar tak pahit pakai 1 bahan sederhana

Brilio.net - Daun pepaya biasa dijadikan menu sayur khas rumahan andalan ibu-ibu untuk makan bareng keluarga. Sayur satu ini bisa direbus begitu saja atau diolah lagi jadi hidangan lain, seperti gulai dan tumisan. Daun pepaya juga dikenal punya banyak manfaat untuk kesehatan, lho.

Dilansir dari healthline.com, daun pepaya punya antioksidan cukup tinggi untuk bantu seimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, daun pepaya juga tinggi serat buat melancarkan pencernaan, menurunkan risiko perut kembung, sampai mencegah penyakit maag atau heartburn.

Meskipun menyehatkan, masih banyak orang ogah mengonsumsi daun pepaya lho, karena rasanya pahit. Dilansir dari penelitian terbitan repository.unika.ac.id, rasa pahit daun pepaya berasal dari senyawa alkaloid yang bersifat basa. Rasa pahit yang masih tertinggal pada daun pepaya bisa jadi lantaran trik memasaknya kurang tepat.

Ada sejumlah trik memasak yang ampuh menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Misalnya, kamu bisa merebusnya dengan campuran garam ataupun asam jawa. Kedua bahan tersebut dipercaya ampuh mengusir sumber rasa pahit pada daun pepaya, lho.

Tetapi, kalau kamu tak ingin pakai kedua bahan tersebut, trik dari warganet di akun YouTube Indocake Mandiri sepertinya cocok buat kamu. Warganet satu ini mengaku sudah mencoba berbagai trik, tapi hanya satu trik ini yang menurutnya paling efektif. Usut punya usut, untuk mempraktikkan trik rebus daun pepaya agar tak pahit ini, kamu cuma membutuhkan satu bahan sederhana.

"Selama ini aku udah coba pakai daun jambu ataupun pakai garam itu tetap pahit," ucapnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Indocake Mandiri pada Rabu (24/4).