Cara mereset Chromebook ke setelan pabrik menggunakan metode powerwashing

Techno.id - Chromebook cenderung stabil dan aman, tetapi opsi untuk memperbaiki Chromebook yang rusak agak terbatas. Jika kamu tidak khawatir kehilangan data, menyetel ulang Chromebook ke setelan pabrik atau yang disebut “powerwashing” adalah salah satu cara terbaik untuk memulihkan fungsinya. Berikut adalah dua metode yang dapat kamu gunakan untuk mereset Chromebook ke setelan pabrik.

Cara mereset Chromebook ke setelan pabrik melalui setelan

foto: makeuseof/hannah knight

Menyetel ulang Chromebook ke setelan pabrik adalah opsi pemulihan paling sederhana yang dapat kamu gunakan untuk mencoba memperbaiki Chromebook. Saat mereset Chromebook ke setelan pabrik, powerwash akan menghapus semua data yang disimpan secara lokal, tetapi tidak akan menginstal ulang ChromeOS itu sendiri.

Tindakan ini akan menghapus akun Google yang terkait, dan juga akan menghapus jaringan tersimpan dan izin akun pemilik di perangkat. Karena powerwashing menghapus semua konfigurasi sistem, cara ini mampu memperbaiki masalah OS yang mungkin kamu buat secara tidak sengaja.

Namun, menyetel ulang Chromebook ke setelan pabrik tidak dapat memperbaiki masalah pada sistem operasi. Jika masalah dengan Chromebook tetap ada, kamu mungkin perlu menginstal ulang ChromeOS untuk memperbaikinya.

Ingat, kamu akan kehilangan semua file yang disimpan secara lokal jika mereset Chromebook ke setelan pabrik. Untuk mempertahankannya, cadangkan file ke drive eksternal atau cloud. Nah untuk menyetel ulang Chromebook secara paksa melalui Setelan, lakukan langkah-langkah berikut.

foto: makeuseof/hannah knight

1. Klik bilah tugas di sudut kanan bawah layar kamu dan kemudian pilih roda gigi Pengaturan untuk membuka aplikasi Pengaturan.Temukan dan pilih Preferensi Sistem di menu navigasi di sisi kiri aplikasi Pengaturan.

2. Di opsi diperluas yang muncul di panel utama, gulir ke bawah hingga kamu menemukan bagian Reset.

3. Di bawah judul Reset, klik tombol Reset di sebelah kanan opsi Powerwash untuk mengatur ulang Chromebook kamu.

4. Sebuah prompt akan muncul meminta kamu untuk me-restart perangkat sebelum mengatur ulang. Klik Mulai Ulang untuk memulai powerwash.

foto: makeuseof/hannah knight

Jika kamu berencana memberikan Chromebook kepada orang lain, pastikan untuk menghapus perangkat penyimpanan eksternal apa pun, seperti kartu SD. Powerwashing hanya menghapus hard drive Chromebook.