7 Faktor yang memengaruhi nilai jual kembali ponsel cerdas tetap tinggi

Techno.id - Banyak faktor yang mempengaruhi nilai jual kembali ponsel, seperti merek, kondisi, usia, dan lain sebagainya. Kamu bisa mendapatkan harga jual kembali yang relatif tinggi dengan memahami aspek apa yang paling dihargai pembeli. Yuk jelajahi elemen kunci yang menentukan nilai jual kembali ponsel kamu tetap tinggi.

1. Merek ponsel

foto: freepik

Merek terkemuka seperti Apple dan Samsung dikenal karena memberikan pembaruan perangkat lunak yang konsisten, kinerja yang andal, dan kualitas pembuatan yang unggul. Faktor-faktor ini membuat ponsel kedua pabrikan lebih diinginkan dan dapat dipercaya, meski sebagai perangkat bekas. Loyalitas pelanggan yang kuat dan permintaan yang tinggi membantu mempertahankan harga jual kembali.

Sebaliknya, merek yang kurang dikenal tidak menginspirasi tingkat kepercayaan yang sama di antara pembeli. Dengan pengakuan pasar yang lebih rendah, mereka sering dianggap kurang tahan lama. Karena itu, merek-merek tersebut cenderung memiliki nilai jual kembali yang lebih rendah, karena pembeli waspada terhadap potensi masalah dan tidak yakin tentang keandalan jangka panjang perangkat.

2. Kondisi dan usia perangkat

foto: freepik/vecstock

Kondisi dan penampilan smartphone secara signifikan memengaruhi nilai jual kembali. Ponsel yang terawat dengan baik tanpa goresan, penyok, atau kerusakan yang terlihat menunjukkan bahwa perangkat tersebut telah digunakan dengan hati-hati, yang dapat menanamkan kepercayaan pada pembeli potensial. Kondisi sempurna membuat perangkat lebih menarik dan dapat membantu kamu mendapatkan harga jual kembali yang lebih tinggi.

Di sisi lain, smartphone dengan keausan yang terlihat, retakan, atau kerusakan signifikan kurang menarik bagi pembeli. Karena pembeli cenderung berhati-hati dalam berinvestasi pada perangkat yang rusak. Antisipasi potensi biaya perbaikan dan masalah lain dapat mengurangi nilai jual kembali.

Demikian juga, smartphone yang lebih baru biasanya hadir dengan dukungan perangkat lunak yang diperluas dan fitur-fitur mutakhir seperti konektivitas 5G dan keamanan biometrik. Mengetahui bahwa mereka akan menikmati manfaat teknologi mutakhir dan pembaruan berkelanjutan selama beberapa tahun, pembeli bersedia membayar lebih untuk model-model ini, yang menaikkan harga jual kembali.

Sebaliknya, model lama secara bertahap kehilangan nilai jual kembali karena menjadi usang dan tidak memiliki beberapa fitur yang dicari pembeli. Selain itu, perangkat tersebut lebih cenderung berhenti menerima dukungan untuk pembaruan keamanan yang lebih baru dibanding ponsel yang lebih baru, yang semakin mengurangi daya tarik mereka. Semua faktor ini berkontribusi pada penurunan nilai jual kembali model lama.

3. Riwayat perbaikan

foto: freepik/vershinin89

Ponsel yang belum pernah dibuka untuk diperbaiki lebih menarik bagi pembeli karena menyiratkan bahwa perangkat telah dirawat dengan baik oleh pemilik aslinya dan cenderung tidak memiliki masalah tersembunyi. Persepsi ini meningkatkan kepercayaan pembeli, yang berpotensi meningkatkan nilai jual kembali.

Sebaliknya, tanda-tanda perbaikan sebelumnya, seperti bagian yang tidak cocok atau palsu, sekrup tidak asli, atau indikasi lain dari masalah sebelumnya, dapat menghalangi pembeli. Kekhawatiran bahwa masalah ini mungkin muncul kembali membuat pembeli ragu-ragu untuk membayar harga yang lebih tinggi untuk ponsel tersebut, yang berarti harga jual kembali yang lebih rendah.

4. Aksesoris asli

foto: freepik/rawpixel.com

Aksesori asli seperti pengisi daya, earphone, dan kemasan dapat meningkatkan daya tarik penawaran. Pembeli tertarik pada penawaran semacam itu karena mereka menghindari biaya tambahan untuk membeli aksesori yang tidak orisinal, yang lebih rentan terhadap kegagalan.

Sebaliknya, tidak adanya aksesori asli dapat menyebabkan pembeli curiga bahwa barang-barang itu tidak digunakan secara bertanggung jawab. Ini dapat merusak kepercayaan dalam perawatan keseluruhan yang telah kamu lakukan pada ponsel.