7 Faktor yang membuat nilai jual kembali ponsel tetap tinggi

5. Cakupan garansi

foto: freepik/fabianmontano

Ponsel yang masih dalam garansi sangat menarik bagi pembeli karena mereka tidak perlu terlalu khawatir tentang potensi cacat dan masalah. Jaminan bahwa pembeli tidak perlu menanggung biaya perbaikan jika masalah muncul membuat pembelian kurang berisiko, yang secara signifikan dapat meningkatkan nilai jual kembali.

Di sisi lain, ponsel tanpa garansi berarti pembeli harus mempertimbangkan seluruh risiko masalah atau perbaikan di masa depan, yang membuat kesepakatan kurang menarik. Karena pembeli umumnya lebih memilih opsi yang lebih aman, seperti ponsel yang masih dalam garansi. Tidak adanya perlindungan tersebut mengurangi permintaan dan akibatnya, menurunkan nilai jual kembali.

6. Kesehatan baterai

foto: freepik/alexraw

Ponsel dengan kapasitas baterai tinggi menarik pembeli karena mereka mengantisipasi baterai akan bertahan lebih lama dengan sekali pengisian daya. Itu artinya mengurangi kebutuhan untuk sering mengisi daya. Selain itu, harapan bahwa baterai akan memiliki umur yang lebih lama meyakinkan pembeli bahwa mereka tidak akan menghadapi biaya penggantian yang akan segera terjadi.

Sebaliknya, ponsel dengan baterai yang terdegradasi dan kapasitas yang berkurang dapat secara signifikan menghalangi pembeli. Faktor ini dapat mencegah mereka membayar harga yang lebih tinggi. Jika kesehatan baterai ponsel buruk, pembeli dapat memperhitungkan biaya penggantian baterai potensial, yang secara substansial dapat mengurangi nilai jual kembali ponsel.

7. Temukan platform penjualan yang tepat

foto: freepik

Platform yang kamu pilih untuk menjual ponsel secara online dapat secara signifikan memengaruhi nilai jual kembali. Menjual pada platform dengan reputasi yang baik dan dikenal dengan pemeriksaan kualitas yang ketat dan perlindungan pembeli yang kuat dapat memberi kamu harga yang lebih tinggi karena pembeli merasa lebih percaya diri dengan kualitas produk dan bersedia membayar lebih.

Namun, kamu harus memperhitungkan biaya daftar dan penjualan. Selain itu hindari program tukar tambah dan layanan pembelian kembali instan meskipun nyaman karena sering memberikan harga yang lebih rendah.

Sekarang setelah memahami apa yang memengaruhi nilai jual kembali ponsel, kamu dapat membuat keputusan yang lebih cerdas saat membeli ponsel bekas atau menjual perangkat. Jika kamu seorang pembeli, gunakan tips ini untuk memilih ponsel terbaik untuk kebutuhan kamu tanpa ditipu. Jika kamu ingin menjual ponsel, manfaatkan pengetahuan ini untuk menyiapkan ponsel dan mengamankan harga jual Kembali agar tetap tinggi.