Fitur blokir atau batasi di Instagram, opsi yang bisa kamu pilih untuk mengatasi masalah privasi

Techno.id - Instagram menawarkan dua opsi privasi penting untuk mengontrol interaksi yang tidak diinginkan, blokir dan batasi. Fitur mana yang akan kamu pilih untuk mengatasi masalah privasi? Masing-masing memiliki perbedaan dan dampak pada akun Intagram kamu.

Berikut penjelasan mengenai fungsi fitur batasi dan blokir di Instagram yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah privasi.    

Memengaruhi akses ke profil  

foto: freepik

Saat memblokir seseorang di Instagram, profil kamu benar-benar tersembunyi dari mereka. Jika kamu mengikuti satu sama lain sebelumnya, kamu berhenti mengikuti satu sama lain. Jika kamu memiliki komentar, suka, tag, dan sebutan di postingan mereka sebelumnya, semuanya akan disembunyikan.

Misalnya, kamu mungkin menemukan 10 suka di postingan mereka, tetapi kamu hanya akan melihat sembilan akun yang menyukai postingan tersebut, akun kamu akan disembunyikan. Itu berarti mereka tidak akan memiliki akses ke postingan, Cerita, dan informasi profil kamu, kecuali mereka mengakses profil kamu melalui profil lain yang belum kamu blokir.

Kamu masih dapat melihat profil yang diblokir, meskipun akan tampak kosong. Kamu tidak akan dapat melihat informasi profil dan konten mereka. Jika khawatir postingan Instagram seseorang melanggar pedoman komunitas, kamu bisa melaporkan profilnya di Instagram sebelum memblokirnya.

Saat kamu menggunakan fungsi pembatasan Instagram pada seseorang, tidak banyak perubahan yang dilakukan saat mereka terus melihat profil dan posting kamu. Mereka masih dapat melihat Cerita dan beranda kamu. Sebaliknya kamu dapat melihat cerita mereka. Meskipun ada cara untuk mengetahui apakah kamu diblokir di Instagram, jauh lebih sulit untuk mengetahui apakah kamu telah dibatasi.

Membatasi seseorang berbeda dengan memblokir atau membisukan orang itu di Instagram. Hanya komentar dan pesan mereka yang akan disembunyikan dari profil kamu. Ini seperti menjaga pengguna terbatas di belakang jendela privasi di mana mereka dapat melihat kamu, tetapi mereka tidak dapat berinteraksi dengan kamu seperti biasa. Anggap saja ini sebagai blok versi lunak.

Pada dasarnya, memblokir seseorang di Instagram sepenuhnya menyembunyikan profil kamu dari mereka. Mereka tidak akan dapat menemukan profil, postingan, atau Cerita kamu. Namun, jika kamu membatasi seseorang, mereka masih dapat melihat profil dan postingan kamu.

Efek pada komentar

foto: freepik/user6613750

Memblokir seseorang mencegah mereka mengomentari postingan kamu. Tetapi ketika kamu membatasi mereka, kamu berdua dapat mengomentari posting satu sama lain. Perbedaannya adalah komentar dari profil yang dibatasi hanya akan terlihat oleh pemberi komentar dan tidak ada orang lain.

Dengan kata lain, mereka tidak akan tahu aktivitasnya telah dibatasi. Mereka akan terus menikmati kemampuan untuk mengomentari posting kamu tanpa komentar ini memengaruhi kamu atau pengikut lainnya. Adapun komentar kamu di posting mereka, tidak ada yang berubah. Mereka masih bisa melihatnya.

Komentar beracun (toxic) dapat menyebabkan tekanan emosional. Jika kamu ingin menikmati pengalaman online yang damai, pertimbangkan untuk memfilter komentar beracun di media sosial.

Cara melihat komentar yang dibatasi

foto: freepik

Komentar dari akun yang dibatasi masih muncul di postingan kamu, tetapi di bawah pesan yang dilindungi. Kamu tidak akan menerima pemberitahuan saat dibuat, tetapi akan mengetahui komentar jika kamu membuka postingan dan membuka bagian komentar.

Meskipun kamu dapat mengabaikan komentar, kamu bisa mengetuk Lihat Komentar jika ingin melihat komentar. Kemudian, kamu dapat memilih untuk Menyetujui atau Menghapusnya. Jika menyetujuinya, komentar tersebut akan dapat dilihat oleh semua orang, seperti komentar lainnya. Jika menghapusnya, baik kamu maupun orang yang dibatasi tidak akan dapat melihatnya. Apa pun itu, akun yang dibatasi tidak akan diberi tahu tentang tindakan apa pun yang kamu ambil.

Pengaruhnya terhadap pesan

foto: freepik/mteerapat

Saat memblokir seseorang di Instagram, kamu tidak bisa saling mengirim pesan. Namun, cara kerjanya berbeda saat kamu membatasi akun.

Orang yang dibatasi dapat mengirimi kamu pesan. Namun, pesan mereka tiba di folder Permintaan. Kamu tidak akan menerima pemberitahuan ketika mereka mengirimi kamu pesan. Kamu hanya akan dapat melihat pesan mereka jika kamu melihat permintaan pesan secara manual.

Jika kamu melihat pesan mereka, mereka tidak akan diberi tahu oleh teks “dilihat” dalam obrolan. Ini berarti mereka tidak akan tahu kapan kamu membaca pesan. Jika menemukan diri kamu dalam obrolan grup dengan seseorang yang telah kamu batasi, Instagram akan memberi tahu bahwa kamu akan melihat pesan akun yang dibatasi. Kamu dapat memilih untuk keluar dari grup atau tetap tinggal.

Untuk membalas pesan orang yang dibatasi, ketuk Batal batasi di bagian bawah layar. Kamu juga dapat memilih Hapus untuk menghapus pesan. Jika tidak ingin berinteraksi dengan orang tersebut lebih lanjut, ketuk Blokir.