Cara memblokir atau membatasi akun Instagram

Perbedaan lain antara memblokir dan membatasi seseorang di Instagram

foto: freepik/grinvalds

Ada beberapa perbedaan lain antara memblokir dan membatasi di Instagram. Ini berlaku untuk melihat status aktivitas, tag, sebutan, dan notifikasi. Sama seperti opsi blokir, ketika kamu membatasi seseorang, maka tidak dapat lagi melihat status aktif satu sama lain, sehingga kamu tidak akan tahu kapan mereka terakhir online dan sebaliknya.

Seseorang yang telah kamu blokir tidak dapat menyebut atau menandai kamu. Namun, orang yang telah kamu batasi dapat menandai—meskipun kamu tidak akan diberi tahu. Satu-satunya pengecualian adalah ketika kamu telah membatasi siapa yang dapat menandai kamu di pengaturan Instagram. Kamu hanya dapat mengizinkan orang yang kamu ikuti untuk menandai atau tidak sama sekali.

Dalam hal ini, akun yang telah dibatasi tidak akan dapat menandai kamu. Namun, kamu akan diberi tahu saat mereka menyebut kamu. Keputusan untuk memblokir atau membatasi seseorang di Instagram bergantung pada alasan kamu dan seberapa besar akses ke profil yang ingin diberikan kepada orang tersebut. Jika kamu tidak ingin mereka berinteraksi dengan kamu melalui cara apa pun atau melihat apa pun di profil, kamu harus memblokir mereka.

Cara membatasi atau memblokir seseorang di Instagram

foto: freepik

Ada tiga cara untuk membatasi atau memblokir seseorang di Instagram. Kamu dapat membatasi atau memblokir akun melalui halaman pengaturan Instagram atau dari profil mereka.

Kamu juga dapat memblokir atau membatasi mereka langsung dari komentar pada postingan. Tetapi ada perbedaan di sini,  kamu hanya dapat membatasi seseorang melalui komentar pada posting kamu sendiri, tetapi dapat memblokir akun apa pun melalui komentar di bawah posting apa pun.

1. Cara membatasi atau memblokir pengguna dari setelan

Untuk membatasi atau memblokir pengguna dari setelan akun, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka profil kamu dan ketuk ikon menu tiga bilah di sudut kanan atas.

2. Buka Pengaturan dan Privasi > Akun yang diblokir atau Dibatasi.

3. Di bawah Akun yang diblokir, ketuk ikon silang di sudut kanan atas, cari akun yang ingin kamu blokir, dan tekan Blokir.

4. Di bagian Akun yang dibatasi, cari akun yang ingin kamu batasi, lalu ketuk tombol Batasi di samping akun yang dipilih.

2. Cara membatasi atau memblokir pengguna dari profilnya

Kamu juga dapat membatasi atau memblokir akun melalui halaman profil mereka dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka profil akun Instagram yang ingin kamu batasi atau blokir.

2. Ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas.

3. Pilih Batasi atau Blokir.

3. Cara membatasi pengguna dari komentar kamu

Di ponsel Android, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Ketuk dan tahan komentar dari orang yang ingin kamu batasi atau blokir. Ingat bahwa kamu hanya dapat membatasi akun melalui komentar di postingan kamu.

2. Ketuk tombol Batasi akun atau Blokir akun. Jika itu bukan postingan kamu sendiri, kamu hanya akan menemukan tombol Blokir akun.

Di iOS, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Geser komentar ke kiri.

2. Ketuk ikon informasi (tanda seru dalam gelembung) lalu Batasi atau Blokir.

Fitur blokir dan batasi Instagram menawarkan tingkat kontrol yang berbeda atas interaksi kamu di platform. Memahami cara kerja fitur ini dan implikasinya dapat membantu kamu membuat keputusan yang tepat tentang mana yang akan digunakan saat ingin menghindari seseorang di Instagram.