10 Cara meningkatkan kualitas suara panggilan di iPhone biar tak putus-putus dan harus teriak-teriak

Techno.id - Mungkin kamu pernah mengalami masalah dengan kualitas suara yang teredam dan tidak jelas atau panggilan terputus di iPhone. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Bisa dikarenakan kesalahan jaringan, speaker atau mikrofon yang kotor. Bisa juga karena aksesori yang tidak berfungsi. Berikut beberapa cara memperbaiki masalah kualitas suara panggilan di iPhone.

1. Mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat

foto: tangkapan layar/techno.id/

Jika kamu sedang bepergian dan mencoba menelepon teman atau anggota keluarga, tetapi untuk beberapa alasan panggilan tidak berhasil. Lebih menyebalkan lagi saat panggilan tersambung, tetapi kamu tidak dapat mendengar suara orang yang kamu hubungi di ujung telefon.

Cara pertama yang harus kamu coba adalah mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat. Mengaktifkan mode pesawat memaksa iPhone memutuskan sambungan dari layanan selular. Saat kamu menyalakannya kembali, iPhone secara efektif mengatur ulang koneksinya dengan operator selular. Jika masalah koneksi memengaruhi kualitas panggilan, metode ini dapat memperbaikinya.

Untuk melakukannya, geser ke bawah dari sudut kanan atas layar untuk membuka Pusat Kontrol dan tekan tombol mode pesawat satu kali. Setelah menunggu beberapa detik, tekan tombol lagi untuk mematikannya.

Jika mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat tidak berhasil, kamu dapat mencoba memulai ulang iPhone. Ini akan memperbaiki masalah atau gangguan terkait perangkat lunak apa pun yang mungkin menyebabkan masalah. Untuk mem-boot ulang iPhone, tekan dan tahan tombol daya dan salah satu tombol volume, lalu seret penggeser daya ke kanan.

Setelah menunggu beberapa detik, tekan dan tahan tombol daya hingga kamu melihat logo Apple. Kamu juga dapat meminta Siri untuk memulai ulang iPhone.

2. Bersihkan speaker dan mikrofon

foto: freepik/pvproductions

Speaker yang kotor atau kisi mikrofon yang tersumbat adalah salah satu penyebab paling umum dari kualitas panggilan yang buruk di iPhone. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengambil sikat gigi berbulu lembut dan menggosokkannya dengan lembut ke lubang speaker. Demikian pula, gunakan sikat gigi untuk menghilangkan kotoran dari kawat mikrofon. Bersihkan iPhone secara menyeluruh dengan aman.

Gunakan instrumen berujung tajam yang terbuat dari kayu seperti tusuk gigi untuk mengeluarkan kotoran dari lubang speaker atau kisi mikrofon. Setelah membersihkannya, suara yang keluar akan meningkat secara signifikan.

3. Sambungkan kembali aksesori Bluetooth

foto: techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu menggunakan sepasang earbud Bluetooth, pertimbangkan untuk menyambungkannya kembali ke iPhone. Cara ini akan menghilangkan masalah konektivitas apa pun yang dapat menghambat kualitas panggilan. Meskipun langkah-langkah untuk menyambungkan kembali earbud Bluetooth bervariasi berdasarkan perangkat, kamu dapat “Melupakan” perangkat apa pun dari menu Bluetooth.

Cukup buka Pengaturan > Bluetooth dan ketuk panah di sebelah nama perangkat. Sekarang tekan “Lupakan Perangkat Ini” dan konfirmasikan. Setelah itu, kamu bisa memasangkannya kembali dengan iPhone.

Jika mengalami kualitas panggilan yang buruk setiap saat, masalahnya mungkin pada perangkat Bluetooth. Untuk mengonfirmasi, pasangkan earbud atau headphone dengan ponsel cerdas lain dan periksa kualitas audio saat panggilan berlangsung.

Jika masalah berlanjut, kemungkinan besar earphone kamu adalah akar masalahnya. Sayangnya, banyak earbud Bluetooth gagal menangkap suara pengguna dengan memuaskan selama panggilan telepon, terutama karena keterbatasan desain dan perangkat kerasnya.

4. Gunakan speaker telepon sebagai gantinya

foto: freepik

Jika speaker iPhone rusak, kamu dapat menjawab panggilan dengan speaker. Namun cara tersebut bisa menimbulkan beberapa masalah terkait privasi, terutama jika kamu berada di tempat umum.

Kamu juga mungkin mengganggu orang lain di sekitar. Tetapi ini adalah alternatif jika memang speaker iPhone kamu mengalami kerusakan. Kamu dapat beralih ke “Speaker” menggunakan tombol “Audio” yang terlihat selama panggilan. Saat menjawab panggilan di speakerphone, pertimbangkan untuk mengecilkan volume.

5. Nonaktifkan mode isolasi suara

foto: freepik/rawpixel.com

Sejak iOS 16.4, Apple merilis mode isolasi suara untuk semua panggilan biasa. Meskipun fitur tersebut bermaksud untuk menyaring suara kamu dari suara di latar belakang, beberapa pengguna mengeluh bahwa fitur itu membuat kualitas panggilan menjadi lebih buruk. Karena fitur ini bergantung pada pemrosesan lanjutan, terkadang fitur ini dapat menambahkan sedikit distorsi pada suara kamu.

Selanjutnya, di area dengan banyak kebisingan, seperti jalan yang ramai atau lokasi konser musi, mode isolasi suara menerapkan pemrosesan berat yang dapat membatalkan beberapa bagian suara kamu. Fitur ini berfungsi paling baik saat kamu mengarahkan mikrofon cukup dekat dengan wajah. Semakin jauh mikrofon, semakin banyak suara kamu yang mulai terdengar tidak alami dan teredam.

Untuk menonaktifkan mode isolasi suara, buka Pusat Kontrol selama panggilan dan pilih Mode Mikrofon. Dari opsi mode mikrofon yang tersedia, pilih Standar.