Cara meningkatkan kualitas suara panggilan iPhone

6. Konfigurasikan panggilan Wi-Fi

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Secara tradisional, panggilan Wi-Fi dianggap sebagai cara untuk meningkatkan kualitas panggilan di area dengan penerimaan selular yang buruk. Namun, jika bandwidth yang tersedia tidak cukup karena kepadatan jaringan yang berlebihan atau transmisi yang buruk dari penyedia layanan, panggilan Wi-Fi dapat menimbulkan lebih banyak masalah daripada yang dapat diatasi. Misalnya, koneksi Wi-Fi yang tidak stabil dapat menyebabkan suara kamu terputus atau bahkan menyebabkan panggilan terputus.

Oleh karena itu, pertimbangkan untuk mematikan fitur tersebut dari Pengaturan > Selular > Panggilan Wi-Fi. Di sisi lain, jika kamu  yakin dengan bandwidth jaringan nirkabel, mengaktifkan fitur tersebut dapat meningkatkan kualitas panggilan secara instan, terutama jika kamu tidak mendapatkan jangkauan selular yang tepat. Kamu harus memutuskan apakah panggilan Wi-Fi layak dilakukan atau tidak berdasarkan situasi kamu.

7. Nonaktifkan VPN

foto: freepik/rcphotostock

Jika kamu melakukan banyak panggilan VoIP, pertimbangkan untuk menonaktifkan VPN. VoIP bergantung pada koneksi internet yang lancar dan stabil sehingga VPN yang lambat dapat membatasi bandwidth yang tersedia. Selanjutnya, jaringan pribadi dapat menambah latensi, menambah waktu yang dibutuhkan orang lain untuk mendengar apa yang kamu  katakan.

Faktor-faktor ini dapat menurunkan kualitas panggilan di iPhone. Jadi, jika kamu mengalami masalah dengan panggilan VoIP, putuskan sambungan VPN dan coba lagi. Untuk melakukannya, buka aplikasi VPN dan putuskan sambungan dari jaringan dan ingatlah untuk mengaktifkan VPN lagi setelah selesai.

8. Perbarui iPhone

foto: freepik/uveelena

Coba memperbarui iPhone ke versi iOS terbaru. Sebab memperbarui iPhone mengembalikan banyak komponen perangkat lunak dan perangkat keras ke pengaturan defaultnya, memperbaiki bug, gangguan, atau masalah lain. Untuk memperbarui iPhone, buka Pengaturan > Umum dan tekan Pembaruan Perangkat Lunak. Jika pembaruan tersedia, segera instal.

9. Setel ulang pengaturan jaringan

foto: freepik/akephoto88

Menyetel ulang pengaturan jaringan adalah perbaikan lain yang dapat membantu meningkatkan kualitas panggilan dengan mengonfigurasi ulang koneksi nirkabel. Meskipun cara ini berpotensi memperbaiki masalah, namun metode ini memerlukan penghapusan semua kata sandi Wi-Fi dan koneksi Bluetooth yang kamu simpan. Jika kamu akan mencobanya, siapkan semua kata sandi setelah selesai mengatur ulang pengaturan jaringan.

1. Buka Pengaturan > Umum > Transfer atau Setel Ulang (Perangkat).

2. Ketuk Setel Ulang.

3. Kemudian pilih “Setel Ulang Pengaturan Jaringan” dari opsi di layar.

4. Masukkan kode sandi perangkat dan konfirmasikan tindakan di layar berikutnya.

10. Pertimbangkan untuk mengajukan keluhan kepada operator

foto: freepik/eyeem

Sebagai upaya terakhir, kamu dapat mengajukan keluhan kepada operator, memberi tahu mereka tentang area tempat kamu tinggal atau di mana kamu sering menghadapi masalah tersebut. Lebih lanjut, jika ada masalah perangkat keras yang rusak dan memengaruhi kualitas panggilan di iPhone, sebaiknya bawa ke pusat perbaikan resmi dan membawa perangkat untuk didiagnosis.