Bukan digosok batu atau amplas, ini cara asah pisau tumpul agar tajam pakai 1 alat dan bahan dapur

Brilio.net - Seiring penggunan, pisau bisa jadi tumpul karena berbagai faktor, seperti pemakaian berulang atau teknik memotong yang kurang tepat. Selain itu, pisau yang bersentuhan dengan benda keras juga bisa memengaruhi ketajamannya. Pada dasarnya, benda keras seperti tulang atau biji-bijian dapat merusak dan mengikis tepi mata pisau. Hal ini lantas membuat pisau jadi tumpul.

Untuk mengembalikan ketajamannya, sejumlah orang biasanya akan mengasah pisau dengan batu asahan. Namun ada juga yang memilih menggosok mata pisau menggunakan amplas agar tajam kembali. Memang kedua alat tersebut bisa membuat mata pisau kembali tajam, sehingga nyaman digunakan.

Namun perlu diketahui bahwa perlu teknik yang tepat saat mengasah pisau dengan kedua bahan tadi. Karena jika salah, mata pisau bisa tetap tumpul. Selain itu, mengasah pisau dengan batu dan amplas juga berpotensi menyebabkan tangan cedera jika tidak dilakukan secara hati-hari.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan metode yang dilakukan pengguna Instagram @dapoernya_linda. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan satu alat dan bahan dapur untuk mengasah pisau tumpul agar kembali tajam.

Dilansir BrilioFood pada Senin (3/6), alat dapur yang digunakan adalah garpu, sedangkan bahan dapur yang dimaksud yakni garam. Walau memang tidak sepopuler batu asahan dan amplas, namun alat dan bahan dapur ini juga bisa sangat ampuh mengembalikan ketajaman pisau, lho.

foto: Instagram/@dapoernya_linda

Cara pakainya pun cukup mudah. Pertama-tama, baluri ujung garpu dengan garam. Kamu bisa menaburkan garam ke bagian tersebut atau mencelupkan garpu (dalam kondisi bersih) ke dalam wadah berisi garam. Pastikan bagian ujung (gerigi) garpu terbalut garam dengan sempurna.

foto: Instagram/@dapoernya_linda