Cara mengasahnya cuma pakai alat dapur aja.

Selanjutnya, ambil pisau dan asah dengan cara menggosok mata pisaunya ke selah gerigi garpu. Gosok terus selama berulang-ulang dari arah depan ke belakang. Perpaduan sifat abrasif pada garam dan permukaan garpu yang keras akan membuat mata pisau kembali tajam karena.

Dalam video tersebut, pengguna Instagram @dapoernya_linda menampilkan hasil pisau yang sudah diasah untuk memotong timun. Saat digunakan, timun jadi lebih mudah terpotong. Hal ini menandakan bahwa pisau sudah tajam lagi dan siap digunakan untuk memotong berbagai macam bahan makanan.

foto: Instagram/@dapoernya_linda

Setelah diasah, pastikan kamu menjaga pisau agar tetap tajam dan tidak tumpul lagi. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan, seperti menggunakan talenan yang tepat, menghindari kontak dengan benda keras, membersihkan pisau dengan benar, dan menggunakan pisau sesuai fungsinya. Misalnya, pisau roti untuk memotong roti, pisau daging untuk memotong daging, dan pisau sayur untuk memotong sayuran. Nah, menggunakan pisau sesuai dengan fungsinya akan membantu menjaga ketajamannya.

Gimana? Cukup mudah, bukan? Kamu bisa meniru cara mengasah pisau seperti ini jika tidak memiliki batu asahan ataupun amplas. Dengan bahan dan alat sederhana, pisau dapat kembali tajam seperti baru dan lebih nyaman dipakai. Selain ampuh, metode ini juga cenderung lebih rendah risiko.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Linda Heniwaty (@dapoernya_linda)