Bukan diperas pakai air biasa, ini trik memeras santan agar hasilnya pekat, melimpah, dan tak encer

Brilio.net - Terbuat dari ekstraksi parutan kelapa dengan air, santan memiliki tekstur yang kaya dan rasa yang lembut serta gurih. Santan sering digunakan untuk campuran kari, sup, dan berbagai hidangan penutup. Keunikan dan fleksibilitasnya menjadikan santan sebagai bahan masakan yang tak tergantikan di dapur, karena dapat memberikan cita rasa khas dan kelezatan pada setiap masakan.

Dilihat dari proses pembuatannya, kelapa parut yang hendak dijadikan santan biasanya akan dicampur dengan air. Lantas campuran kelapa dan air ini akan diperas hingga mengeluarkan sari atau yang kerap disebut santan. Sari inilah yang kemudian digunakan untuk campuran aneka makanan dan minuman.

Sekilas, proses pembuatan santan memang sangat mudah, namun sebenarnya hal tersebut memengaruhi tekstur dan volume santan, lho. Yup! Memeras kelapa dengan baik bisa menghasilkan santan yang lebih pekat, melimpah, dan tidak encer. Kondisi santan yang seperti ini cenderung memberikan tekstur lebih kental dan rasa yang pekat pada masakan.

Namun untuk mendapatkan hasil santan yang pekat, sebaiknya hindari menggunakan air biasa untuk memeras kelapa parutnya. Ada trik lain yang bisa dilakukan untuk memeras santan agar hasilnya lebih pekat dan melimpah. Nah, trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Koki Medok melalui salah satu video yang diunggah.