Tak dicampur baking soda, YouTuber ini bagikan cara bersihkan karang & gigi kuning pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Gigi yang putih dan mulut yang wangi nggak hanya menandakan kesehatan mulut yang terjaga, tapi juga bisa menunjung penampilan. Nggak salah, kalau banyak orang yang rela merogoh kocek demi melakukan perawatan gigi. Untuk mendapatkan gigi cerah, nggak cukup diupayakan dengan rutih gosok gigi, lho.

Tapi juga dengan rutin melakukan pembersihkan karang gigi di dokter gigi. Jika dibiarkan, karang gigi yang menumpuk bisa menimbulkan bau mulut. Selain karang gigi, permasalahan lain yang cukup menganggu penampilan adalah gigi kuning. Karang atau plak adalah lapisan lengket yang terbentuk pada permukaan gigi akibat penumpukan bakteri, sisa makanan, dan saliva.

Jika plak tidak dihilangkan secara teratur melalui sikat gigi dan flossing, maka dapat mengeras dan membentuk karang. Sementara itu, gigi kuning adalah kondisi di mana gigi menjadi berwarna kuning atau kecokelatan akibat penumpukan pigmen makanan, minuman, atau zat-zat tertentu pada permukaan gigi.Penyebab dari munculnya karang dan gigi kuning ini berasal dari berbagai faktor, dua di antaranya seperti jarang menyikat gigi atau kurang rajin menggunakan flossing.

Faktor lainnya juga bisa berasal dari makanan dan minuman tertentu seperti kopi, teh, soda, serta buah-buahan dan sayuran berwarna cerah yang mengandung pigmen, sehingga menempel pada permukaan gigi dan menyebabkan perubahan warna. Kebiasan merokok juga dapat menyebabkan penumpukan karang dan munculnya gigi kuning.