Glowing dalam semalam, trik cerahkan wajah kusam akibat pigmentasi ini cuma pakai 1 jenis bunga

Brilio.net - Beberapa permasalahan kulit wajah seperti jerawat, kulit kusam, komedo, hingga pigmentasi kulit cukup mengganggu penampilan. Apalagi pigmentasi adalah salah satu masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bercak atau flek di beberapa area wajah.

Kondisi ini dapat menyebabkan warna kulit jadi tidak merata dan terkesan kusam. Biasanya, tanda-tanda awal pigmentasi adalah munculnya flek berwarna cokelat kehitaman pada wajah di area dahi, hidung, dan pipi.

Munculnya masalah flek hitam umumnya dipicu oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Paparan sinar UV dapat merangsang sel melanosit dalam kulit untuk memproduksi melanin (pigmen kulit) sebagai bagian dari mekanisme perlindungan alami kulit. Akibatnya, ketika kulit terpapar sinar matahari secara berlebihan, maka melanin yang terbentuk pun akan menumpuk ke lapisan atas kulit menjadi flek hitam yang mengganggu.

Nah, flek hitam ini sendiri biasanya akan muncul pada orang yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Tidak hanya terpapar sinar matahari, wajah mereka juga menjadi rentan dipenuhi oleh polusi yang menempel. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila flek hitam ini membuat wajah menjadi gelap dan kehilangan kecerahan alaminya, alias kusam.

Tentunya tidak dapat dimungkiri bahwa masalah di atas bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang. Untuk itu, diperlukan solusi yang tepat untuk mengatasinya, misalnya dengan memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif.

Salah satu adalah dengan memanfaatkan campuran bunga mawar dengan beras dan aloe vera, sebagaimana dibagikan oleh @beautywithsunanda0795 di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Rabu (8/5).

Kandungan bunga mawar untuk mengatasi pigmentasi wajah.

foto: freepik.com

Bunga mawar memiliki banyak komponen vitamin, seperti A, C, dan E yang bermanfaat untuk kulit. Vitamin E di dalamnya memiliki sifat antioksidan yang dapat melawan efek radikal bebas. Sementara itu, vitamin A dapat merangsang proses regenerasi sel kulit yang membuat wajah terlihat lebih cerah. Tak hanya itu, vitamin C dalam bunga mawar membantu mengurangi produksi melanin, sehingga efektif mengurangi flek hitam.

Manfaat beras untuk mengatasi flek hitam di area wajah.

foto: freepik.com

Beras sendiri sejatinya kaya akan vitamin B kompleks, mineral, dan asam amino yang dikenal dapat menutrisi dan memiliki efek pencerah kulit. Kandungan kojic acid yang terdapat dalam air beras membantu mengurangi produksi melanin sebagai pigmen yang menyebabkan hiperpigmentasi atau noda pada kulit. Selain itu, air beras juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan sehingga dapat membantu mengatasi kerusakan akibat radikal bebas.

Bahkan kandungan asam ferulic dan allantoin di dalam beras juga ampuh meratakan warna kulit dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, penyebab wajah kusam dan munculnya flek hitam.

Aloe vera gel efektif untuk meratakan warna kulit akibat pigmentasi.

foto: freepik.com

Gel di dalam daun aloe vera merupakan salah satu komponen yang banyak dimanfaatkan dalam skincare. Kandungannya yang kaya akan aloin, aloesin, dan enzim proteolitik dapat membantu mengurangi produksi melanin serta membantu menghilangkan noda hitam pada kulit. Semua manfaat ini membuat aloe vera efektif dalam menjadikan kulit terlihat lebih bersinar.