Tanpa baking soda, ini cara membersihkan karang gigi pakai daun salam dikombinasikan 2 bahan dapur

Brilio.net - Terkadang masalah karang gigi masih menghantui sebagian besar orang. Karang gigi atau plak merupakan lapisan berwarna putih atau kuning yang terbentuk di permukaan gigi. Meskipun terlihat sepele, munculnya karang dapat menyebabkan berbagai masalah, terutama kerusakan gigi yang lebih parah.

Karang gigi terbentuk ketika sisa makanan dan minuman tidak dibersihkan dengan baik dari permukaan gigi. Bakteri dalam mulut menguraikan sisa-sisa ini, membentuk plak yang melekat pada gigi dan gusi.

Selain dari sisa makanan, pemicu munculnya karang gigi adalah kurangnya kebersihan mulut. Kebiasaan jarang membersihkan gigi secara teratur dapat meningkatkan risiko pembentuk karang gigi. Oleh karena itu, langkah awal yang perlu kamu lakukan untuk menghilangkan karang adalah membersihkan menggunakan pasta gigi.

Pasta gigi ini bisa kamu kombinasikan dengan bahan alami, seperti yang dilakukan oleh beauty vlogger dengan kanal YouTube @nasyarazeta2022. Ia memanfaatkan daun salam dicampur dengan garam, jeruk nipis, dan madu.

foto: YouTube/nasyarazeta2022

Daun salam mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab plak gigi. Penggunaannya sebagai obat kumur atau pasta gigi alami dapat membantu membersihkan gigi dan gusi.

Kandungan garam bantu hilangkan karang gigi.

Garam memiliki sifat antiseptik yang membunuh bakteri di dalam mulut, termasuk bakteri yang menyebabkan pembentukan plak gigi. Kandungan garam dapat mengurangi peradangan di sekitar gusi yang disebabkan oleh plak gigi. Berkumur dengan larutan garam hangat bisa melarutkan dan menghilangkan plak gigi yang telah menempel di gigi dan gusi.