Jalan menuju desa rusak berat, warga nekat lewat tepian laut sebagai akses alternatif walau berisiko

Brilio.net - Jalan merupakan akses utama dalam transportasi untuk pindah dari satu tempat ke tempat lain. Selain itu, pentingnya akses jalan memengaruhi ekonomi dan kemudahan untuk mengakses kebutuhan pokok serta kesehatan.

Jalan juga berperan dalam meningkatkan konektivitas antara daerah perkotaan dan pedesaan. Jalan yang baik juga memiliki dampak positif terhadap lingkungan.

Selain itu jalan juga memainkan peran penting dalam aspek sosial dan budaya. Jalan menjadi jalur penting untuk interaksi sosial, memungkinkan orang untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda.

Namun apa jadinya jika akses untuk menuju ke suatu tempat cukup sulit lantaran jalan tidak memadai? Tentu kesulitan dari berbagai hal bermunculan, termasuk keselamatan. Seperti yang diperlihatkan dalam unggahan akun TikTok @esa.smara.art. Dalam unggahan itu terlihat beberapa orang tampak kesulitan menuju ke lokasi tujuan lantaran akses jalan yang harus mereka lalui tidak seperti pada umumnya.

Beberapa orang mengendarai motor melewati tepian laut untuk menuju ke desanya. Seorang pria di balik kamera mencerita bahwa akses menuju ke desa harus mereka tempuh lewat jalan alternatif berbahaya seperti itu.

Namun karena sudah terbiasa dengan keadaan, beberapa warga tersebut tampak sudah cukup lihati mengendarai motor di tengah tebalnya pasir pantai dan terjangan ombak. Mereka harus benar-benar memperhatikan situasi. Ketika ombak surut, maka mereka menjalankan motornya sebaik mungkin. Ketika ombak mulai menerjang, maka mereka harus berhenti sejenak.

tepian laut
TikTok/@esa.smara.art

"Mereka sedang mencari celah, kita doakan semoga mereka baik-baik saja ya," ujar pria tersebut.