Kembali hitam tanpa semir, ini trik atasi munculnya uban pakai 1 bahan masakan

Brilio.net - Bagi sebagian orang, munculnya uban dianggap mengganggu penampilan. Uban membuat rambut tidak berkilau lantaran kehilangan pigmen warnanya. Kondisi ini disebabkan menurunnya produksi melanin sebagai pigmen alami rambut yang biasanya dipicu karena pertambahan usia. Namun, uban juga bisa muncul lebih dini karena berbagai faktor seperti genetik, stres, perawatan rambut yang salah, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Untuk menutupi uban yang muncul, kamu bisa melakukan berbagai perawatan rambut. Menggunakan sampo yang mengandung urang-aring bisa jadi solusi menghitamkan kembali warna rambut. Kamu juga bisa menutupi uban dengan semir yang banyak ditemukan di pasaran. Kamu juga bisa merawat rambut dengan cara yang lebih alami agar tak merusak struktur rambut.

Untuk menghitamkan rambut beruban, kamu bisa menggunakan daun pepaya. Kandungan berupa vitamin C dan E, serta antioksidan di dalamnya bisa melindungi rambut dari radikal bebas, mengatasi rambut beruban, dan menjaga kelembapan.

foto: freepik.com

Jenis antioksidan dalam daun pepaya antara lain adalah saponin karoten, enzim papain, dan chymopapain. Antioksidan ini sangat penting bagi tubuh, karena dapat berguna untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas inilah yang dapat menyebabkan kerusakan sel hingga stres oksidatif. Stres oksidatif menjadi salah satu penyebab munculnya uban dini, rambut rontok dan sulit tumbuh.

Daun pepaya memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan di kulit kepala. Peradangan dapat menjadi faktor yang mempercepat proses munculnya uban. Dengan meredakan peradangan, daun pepaya bisa memperlambat proses munculnya uban.

Tidak hanya itu saja manfaat dari daun pepaya. Bahan masakan ini juga dipercaya ampuh atasi kerontokan rambut. Enzim papain dalam daun pepaya dapat membantu membersihkan kulit kepala dari kotoran dan minyak berlebih yang dapat menyumbat folikel rambut, sehingga membantu mencegah rambut rontok.

Sementara itu, kandungan magnesium dan zat besi dalam daun pepaya ini diklaim memperkuat akar rambut. Sehingga bisa merangsang pertumbuhan rambut yang sehat.