Tanpa baking soda, dokter ini bagikan cara hilangkan plak kuning pada gigi pakai 1 bahan alami

Brilio.net - Plak kuning pada gigi merupakan masalah umum yang banyak dialami sebagian orang. Plak kuning merupakan lapisan tipis yang terbentuk di permukaan gigi dan biasanya berwarna kuning kecokelatan. Meskipun tampak sepele, plak kuning bisa menjadi sarang masalah bagi kesehatan gigi dan mulut. 

Penyebab terbentuknya plak ini berasal dari berbagai sumber, salah satunya adalah bakteri. Mulut manusia merupakan rumah bagi berbagai jenis bakteri. Ketika sisa-sisa makanan dan minuman tertinggal di gigi dan tidak dibersihkan dengan baik, bakteri akan berkembang biak dan membentuk lapisan lengket yang disebut plak gigi.

Perlu diketahui, makanan dan minuman yang mengandung tinggi gula merupakan sumber nutrisi utama bagi bakteri di mulut. Bakteri tersebut akan mengubah gula menjadi asam, yang kemudian merusak enamel gigi dan menyebabkan pembentukan plak. Selain disebabkan oleh makanan dan minuman, plak gigi juga dapat terbentuk karena kebiasan buruk seperti merokok.

Satu batang rokok mempunyai berbagai zat kimia dan tembakau yang bisa merusak struktur gigi, mempercepat pembentuk plak, dan menyebabkan perubahan warna menjadi kuning. Membuat senyum kamu jadi tak indah lagi, plak gigi harus segera dihilangkan. Untuk cara menghilangkan plak gigi kuning, kamu bisa mengikuti trik yang dibagikan seorang dokter bernama Ema.

Lewat unggahan di kanal YouTubenya @dr.emasuperr, dokter ini menunjukkan cara hilangkan plak gigi pakai bahan alami yaitu minyak kelapa. Minyak kelapa telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Salah satu praktik yang populer adalah oil pulling, yang melibatkan berkumur dengan minyak kelapa selama beberapa menit setiap hari.