9 Cara atasi regulator longgar, mampet, dan mendesis bocor, praktis cuma pakai alat dan bahan rumahan

Brilio.net - Kompor merupakan salah satu alat rumah tangga yang sering digunakan untuk memasak. Terdapat banyak jenis kompor, namun kompor gas banyak dipilih karena cara pemakaiannya yang simpel dan bahan bakarnya mudah didapatkan di pasaran. Sayangnya, penggunaan kompor gas juga nggak terlepas dari kendala.

Terkadang saat proses penggantian tabung gas, gas tersebut bocor dan mengeluarkan suara mendesis. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti regulator gas yang longgar atau mampet. Kebocoran ini juga dapat berisiko menimbulkan kebakaran di area dapur, lho.

Sebagai solusinya, sejumlah orang pun menggunakan bahan tambahan untuk menambal regulator agar kembali kencang dan tidak longgar sehingga gas tidak lagi mendesis bocor. Ada yang menggunakan karet gelang, plastik, hingga karet ban bekas.

Lantas seperti apa langkah-langkahnya? Yuk, intip 9 cara mengatasi regulator longgar, mampet, maupun mendesis bocor yang dihimpun BrilioFood dari berbagai sumber pada Senin (6/5).

1. Ditambal karet ban.

foto: YouTube/Yoga Arief

Penggunaan kompor gas nggak terlepas dari kendala. Seperti gas yang bocor saat digunakan. Usut punya usut, hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya disebabkan regulator gas yang tidak rapat saat dipasang ke tabung.

Meski diputar berulang kali, regulator gas tetap menyisakan ruang di antara mulut tabung dan regulator gas. Alhasil, gas tidak sepenuhnya mengalir ke selang regulator.

Untuk meminimalisir hal itu terjadi, kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh warganet bernama Yoga Arief. Selain mudah dipraktikkan, cara yang dilakukannya pun hanya mengandalkan bahan-bahan sederhana, lho. Seperti ban bekas, gunting, dan obeng.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Yoga Arief, lepaskan terlebih dahulu regulator dari tabung gas. Pegang regulator dengan posisi terbalik. Cari dan perhatikan regulator bagian bawah yang berbentuk lingkaran.

"Ini biasanya longgar di bagian lubang regulatornya," jelasnya.

Untuk menambal bagian tersebut, warganet satu ini sengaja memanfaatkan 1 limbah saja. Yakni, karet ban. Sebelumnya, gambar lingkaran sesuai ukuran lubang regulator di karet ban.

"Kalau sudah tinggal gunting karet sesuai pola yang udah digambar," ungkapnya lebih lanjut.

Selanjutnya, pasang potongan karet ban ke dalam lubang regulator. Tekan dengan obeng atau alat apapun itu agar karet ban bisa masuk secara sempurna di lubang regulator.

"Dorong sampai mentok aja karet bannya," ucapnya.

Kalau dirasa sudah terpasang sempurna, balikkan lalu pasang seperti biasa regulator ke tabung gas. Karena sudah ditambal karet ban, alhasil hanya diputar sekali aja regulator pun terpasang rapat dan sempurna.

Dengan begitu, penggunaan gas pun dijamin akan terasa aman. Nggak ada lagi suara mendesis ataupun bau gas yang keluar dari tabung.

2. Bersihkan kotoran di regulator pakai cotton bud.

foto: YouTube/wepepe Channel

Regulator gas yang mampet umumnya terjadi saat mengganti tabung gas baru. Selain dikarenakan ada bagian regulator yang posisinya tidak pas, biasanya kejadian ini disebabkan adanya kotoran yang menyumbat aliran gas. Akibatnya, gas tidak bisa mengalir sempurna ke selang regulator. Api kompor pun sulit menyala.

Sebagai solusinya, sebagian orang biasanya menusuk lubang regulator pakai tusuk gigi. Tapi, nggak perlu sedih dulu kalau nggak punya tusuk gigi di rumah. Karena ternyata ada cara lain yang bisa kamu praktikkan saat mengalami kejadian serupa. Cara ini sempat ditunjukkan oleh warganet dengan nama akun YouTube wepepe Channel.

Dia menunjukkan kondisi regulator gasnya yang mampet. Menurutnya, hal ini wajar terjadi saat regulator gas sudah dipakai dalam waktu lama.

Untuk memperbaikinya, lepaskan terlebih dahulu bagian selang dari regulator. Lalu bersihkan bagian lubang regulatornya. Bukan pakai tusuk gigi, warganet satu ini mengandalkan cotton bud untuk menekan kotoran yang ada di regulator.

"Nah, kotorannya yang keambil belum terlalu banyak," ungkapnya lebih lanjut.

Nggak berhenti sampai di situ, proses selanjutnya, pasang kembali regulator ke tabung gas tanpa menghubungkan ke selang. Lalu gunakan ibu jarimu untuk menutup dan membuka bagian lubang di regulator.

"Jadi seperti ini, setelah melakukan ini sebanyak 15-20 kali, sekarang regulator kalian sudah kembali bersih dan bisa digunakan," ucapnya.

Pasang kembali bagian selang lalu gas pun akan mengalir seperti semula. Dengan begitu, kompor bisa dinyalakan dan digunakan untuk memasak.