Nggak perlu produk scrub, ini trik cerahkan wajah kusam dan penuh flek hitam pakai 2 jenis minuman

Brilio.net - Flek hitam atau yang juga disebut dengan hiperpigmentasi adalah kondisi yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak berwarna hitam kecokelatan di permukaan kulit. Wajah adalah bagian tubuh yang paling rentan mengalami flek hitam, sehingga bikin kulit jadi tampak kusam dan memiliki warna tidak merata.

Salah satu faktor yang memicu masalah di atas ialah paparan polusi dan sinar UV matahari yang terus-menerus. Hal ini dikarenakan sinar UVB matahari serta kotoran dan polusi dapat merusak skin barrier yang melindungi sel-sel kulit. Dampaknya, hal ini akan memicu peningkatan produksi melanin sebagai pigmen yang memberi warna kulit. Penumpukan pigmen ini jadi penyebab munculnya flek hitam dan kusam.

Selain karena paparan sinar matahari, flek hitam di wajah juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti genetik, penggunaan produk skincare atau kosmetik yang tidak cocok, hingga faktor penuaan yang disebabkan oleh menurunnya kemampuan kulit dalam beregenerasi.

Eits, walau begitu, kamu nggak perlu bingung kok untuk mengatasi masalah di atas. Pasalnya, kamu bisa banget mencoba memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif selain kebanyakan skincare komersil di luar sana. Salah satunya adalah dengan menggunakan campuran kopi, susu, dan kunyit seperti yang ditunjukkan oleh @thesassynandini_ di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Kamis (25/4).

foto: freepik.com

Susu merupakan minuman yang penuh kandungan asam laktat, sejenis asam alpha hydroxy (AHA) yang bersifat sebagai agen eksfoliasi. Asam laktat mampu mengangkat kotoran dan noda kulit dengan lembut sekaligus merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Kandungan ini membuat susu efektif dalam membantu proses meratakan warna kulit sehingga mengurangi penampilan flek hitam dan mencerahkan wajah.

Sedangkan bubuk kopi sendiri merupakan sumber yang penuh dengan komponen senyawa kafein, antioksidan, dan asam klorogenat. Kandungan dalam bubuk kopi ini bekerja dengan merangsang peredaran darah dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Proses ini turut membantu regenerasi sel pada kulit sehingga mengurangi hiperpigmentasi dan memberikan tampilan kulit yang lebih cerah dan merata.