Bukti susahnya cari uang, momen TKW tunjukkan tempat tidurnya saat kerja di Taiwan ini bikin miris

Brilio.net - Banyak orang memilih untuk menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) sebagai langkah untuk memperbaiki kondisi finansial keluarga. Keputusan ini seringkali dipicu oleh kebutuhan ekonomi yang mendesak di negara asal, di mana lapangan kerja mungkin terbatas atau upah yang diterima tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Karena itu, seseorang rela merantau dan meninggalkan keluarganya. Hal itulah yang dilakukan wanita bernama Vivia ini. Lewat akun TikToknya @vivia_sahara, pemilik akun membagikan kisahnya yang tengah berjuang sebagai TKW di Taiwan.

Taiwan memang menjadi salah satu negara yang menyerap tenaga kerja dari Indonesia. Bagi perempuan, pekerjaan yang ditawarkan tak jauh-jauh jadi asisten rumah tangga, tak terkecuali Vivi. Selain mengurus rumah, ia juga diminta mengurus lansia.

Vivi mengaku sudah 8 tahun merantau di negara tersebut. Selama itu pula ia tak pernah pulang. Namun hal yang memprihatinkan justru adalah tempat tidurnya di tanah rantau. Jika selama ini banyak yang mengira kehidupan TKW di luar negeri enak, maka Vivi menunjukkan sisi kelam yang ia rasakan.