Pakai satu bahan, begini trik masak beras merah agar makin pulen, lembut, dan nggak bikin seret

Brilio.net - Selain beras putih, beras merah juga sering dipilih sebagai makanan pokok. Jenis beras satu ini mengandung karbohidrat kompleks yang bisa jadi sumber energi sekaligus serat bagi tubuh. Tingginya nutrisi pada beras merah membuat bahan makanan satu ini cenderung lebih sehat dibandingkan beras putih.

Dilihat dari pengolahannya, beras merah memang tidak melalui penggilingan maksimal seperti beras putih. Jadi kulit pada butiran besar tidak mengelupas sepenuhnya. Lapisan pada kulit beras inilah yang mengandung serat dan nutrisi penting bagi tubuh.

Namun, lapisan kulit pada beras ini juga memberikan rasa dan sensasi yang berbeda setelah dimasak. Dibandingkan nasi dari beras putih, nasi merah punya tekstur keras. Tak hanya itu, rasanya juga cenderung hambar dan tidak seenak nasi putih.

Hal inilah yang kemudian membuat sebagian orang masih enggan mengonsumsi nasi merah. Padahal sebenarnya beras merah bisa menghasilkan nasi yang pulen dan lembut jika dimasak dengan cara yang benar, lho. Selain itu, rasa nasi merah juga bisa lezat dan legit.

Salah satu pengguna YouTube bernama Nensi Yuliah pernah membagikan trik memasak beras merah. Trik memasak ala YouTube Nensi Yuliah ini tidak hanya bikin nasi jadi lebih pulen, namun juga rasanya enak dan tak seret saat dimakan.