Bukan langsung minum air, ini cara mengatasi kepedasan di mulut cuma pakai 1 bahan makanan

Brilio.net - Sensasi pedas di mulut adalah pengalaman yang umum terjadi ketika kamu mengonsumsi makanan yang mengandung senyawa capsaicin, seperti cabai. Rasa pedas disebabkan oleh aktivasi reseptor panas di mulut dan lidah yang merespons capsaicin. Ketika capsaicin berinteraksi dengan reseptor ini, sinyal yang dikirim ke otak diinterpretasikan sebagai sensasi panas atau terbakar.

Sensasi pedas yang dirasakan setelah mengonsumsi makanan pedas seringkali disertai dengan perasaan panas, berkeringat, dan terkadang efek samping seperti perut terasa panas atau mulas. Meskipun terasa tidak nyaman bagi sebagian orang, namun banyak orang menggemari masakan pedas karena dinilai lebih menggugah selera. Selain itu, dilansir dari health.com, makan masakan pedas juga memiliki manfaat kesehatan, seperti meningkatkan metabolisme dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Walaupun begitu, banyak orang tidak tahan dengan sensasi panas yang dihasilkan saat mengonsumsi makanan pedas. Alhasil, sejumlah orang biasanya akan langsung minum air yang banyak untuk meredakan rasa pedasnya. Padahal minum air secara langsung tidak selalu membuat rasa pedasnya mereda, lho.

Ada trik yang lebih ampuh dalam mengatasi kepedasan di mulut akibat makan masakan pedas. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna Instagram @ummubalqishaura melalui salah satu video yang diunggah. Bukan dengan air atau minuman, ternyata rasa pedas bisa mereda dengan mengonsumsi satu bahan makanan tertentu.