Jepretan momen penjambretan di CFD Jakarta viral, fotografer sebut pelaku kasih pose yang bikin geram

Brilio.net - Hasil jepretan dari seorang fotograger di CFD Jakarta viral di media sosial. Pasalnya, sang fotografer berhasil menangkap momen penjambretan yang terjadi saat Car Free Day (CFD) di Jakarta melalui kamera. Hasil gambar tersebut juga disebut bisa menjadi bukti untuk pihak kepolisian menangkap pelaku. Pasalnya, dari wajah dan kendaraan hingga nomor polisi yang digunakan terekam dengan jelas.

Fotografer yang bernama Asnan itu membagikan hasil fotonya di akun Instagram dengan username @Asnanfoto. Terlihat pada foto pelaku, tersenyum dan mengangkat tangan seraya memberi gestur meledek. Saat kejadian, banyak orang yang meneriaki aksi penjambretan tersebut.

foto: Instagram/@Asnanfoto

Asnan mengatakan bahwa ia merupakan salah satu saksi dalam kejadian itu. Kedua pelaku sempat dikejar dan diteriaki maling oleh orang yang berada di tempat kejadian. Bahkan ada beberapa anggota Satpol PP yang berupaya untuk menangkapnya dengan cara memotong laju motor yang dikendarai. Sayang, berbagai usaha telah dilakukan, pelaku tetap berhasil kabur.

"Lantas saya juga berteriak kepada petugas Satpol PP menginformasikan kalau ada jambret mendekat. Sambil siap-siap untuk memotret. Banyak petugas dan pelari siap-siap untuk menangkap jambret tersebut. Tapi karena berkecepatan tinggi Satpol PP dan para pelari tidak sanggup mengadang," ucap Asnan dilansir dari Merdeka.com pada Selasa (18/6).

foto: Instagram/@Asnanfoto

Menurut Asnan, hasil foto memperlihatkan gelagat pelaku yang menunjukkan pose bikin geram. Pasalnya, pelaku seolah-olah meledek warga sekitar yang tak berhasil menangkapnya. Ia pun bisa kabur membawa barang jambretan dengan jumawa.

"Itu ngeledek pak. Nggak teriak pak, hanya action aja," kata Asnan.

Akhirnya, pelaku berhasil kabur dari kejaran warga dengan membawa sebuah handphone milik salah seorang di lokasi. Kejadian terjadi pada pagi hari, sehingga masih ada beberapa kendaraan bermotor yang bisa lewat di CFD. Pelaku menggunakan motor jenis beat street.

"Saat kejadian sudah ditanya-tanya sama polisi yang yang sepeda," jelas Asnan.

foto: Instagram/@Asnanfoto

Kapolsek Metro Tanah Abang, AKBP Chandra Mata Rohansyah menyebut saat ini tengah melakukan penyelidikan. Meski telah terdapat bukti momen penjambretan tersebut, pihak kepolisian mengatakan hal itu membutuh sedikit waktu.

"Mohon waktu kami cek dan akan kami lakukan penyelidikan," kata Chandra.

Senada dengan itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Chondro juga akan turut melakukan penyelidikan. Pihaknya saat ini sedang mengecek soal kejadian tersebut.

"Nanti dicek," ujar Susatyo, Minggu (16/6).