7 Cara memperbaiki masalah laptop macet saat menyiapkan Windows  

Techno.id - Pernahkah kamu mengalami masalah saat menghidupkan laptop, tiba-tiba macet pada tulisan Menyiapkan Windows (Getting Windows Ready)? Laptop tidak bisa menyelesaikan booting saat laptop dinyalakan.

Kondisi ini tentu saja bikin frustrasi. Mungkin banyak dari kamu yang menganggap terjadi kerusakan pada sistem Windows. Kalau sudah begini, biasanya kamu tidak dapat masuk ke laptop sehingga tidak dapat mengakses program atau file yang ada di dalamnya.

Ada beberapa penyebab, laptop tidak bisa booting dan macet saat menyiapkan Windows. Berikut beberapa cara untuk memperbaiki maslah tersebut.        

1. Beri Windows lebih banyak waktu

foto: freepik

Terkadang, hal terbaik yang harus dilakukan bukanlah apa-apa. Ini bukan solusi terbaik, tetapi jika kamu tidak terlalu terdesak waktu, pertimbangkan untuk membiarkan PC apa adanya selama yang diperlukan. Proses pembaruan biasanya memakan waktu, terutama jika kamu belum memperbarui PC untuk sementara waktu. Coba biarkan untuk diperbarui setidaknya selama beberapa jam. Jika masih belum ada kemajuan, lanjutkan dengan perbaikan berikutnya.

2. Periksa koneksi internet

foto: freepik

Alasan umum mengapa PC macet di layar “Menyiapkan Windows” adalah karena masalah dengan koneksi internet. Jika kamu menggunakan koneksi berkabel, periksa router dan cabut serta pasang kembali kabel untuk memulai ulang.

Jika kamu menggunakan Wi-Fi, periksa apakah internet berfungsi di perangkat lain. Jika ada yang tidak beres, coba beberapa perbaikan untuk mengaktifkan kembali Wi-Fi atau mencolokkan kabel Ethernet.

3. Lakukan hard shutdown

foto: freepik/darkwisper

Jika menunggu atau memperbaiki koneksi internet tidak berhasil, opsi selanjutnya adalah mematikan komputer. Perhatikan bahwa kamu hanya boleh mencoba cara ini jika tidak ada yang berhasil, karena penghentian mendadak selama pembaruan Windows dapat menyebabkan kerusakan pada file sistem penting. Dalam beberapa kasus, kamu bahkan mungkin berakhir dengan kesalahan blue screen of death yang ditakuti di komputer. Jika ingin mengambil risiko, berikut cara melakukan pematian paksa.

1. Tekan dan tahan tombol daya hingga komputer mati.

2. Putuskan sambungan periferal apa pun dan cabut komputer dari sumber listrik. Jika laptop kamu memiliki baterai yang dapat dilepas, lepaskan.

3. Tunggu beberapa menit, lalu pasang kembali semuanya.

4. Tekan tombol daya untuk menghidupkan kembali komputer.

Jika semuanya berjalan dengan baik, komputer akan boot secara normal tanpa masalah.

4. Jalankan alat perbaikan Startup

foto: tangkapan layar

Perbaikan Startup adalah alat praktis yang disertakan dalam menu Opsi Pemulihan Sistem di Windows. Ini dapat membantu memperbaiki masalah umum yang dapat menyebabkan Windows macet di layar “Menyiapkan Windows”. Berikut cara menjalankannya.

1. Saat berada di layar “Menyiapkan Windows”, tekan dan tahan tombol daya hingga PC mati.

2. Tekan tombol daya sekali untuk menyalakannya kembali.

3. Setelah melihat logo pabrikan, segera tekan dan tahan tombol daya lagi untuk menghentikan proses booting. Ulangi ini untuk menghentikan proses boot tiga kali berturut-turut.

4. Pada keempat kalinya, Windows akan secara otomatis boot ke mode pemulihan. Setelah selesai, buka Pemecahan masalah > Opsi lanjutan.

5. Klik opsi Perbaikan Startup untuk menjalankan alat.

Alat perbaikan Startup akan mulai mencari kesalahan dan masalah di komputer dan menyelesaikannya sebanyak mungkin. Setelah proses selesai, matikan komputer dan boot lagi untuk melihat apakah masalah tetap ada.