6 Cara memperbaiki iPhone yang tidak mau hidup saat dinyalakan

Techno.id - Berbagai masalah dapat mengakibatkan iPhone tidak merespons, bahkan tidak mau menyala. Bisa disebabkan masalah baterai, perangkat terlalu panas, atau masalah charger.  Namun ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. 

1. Biarkan iPhone dingin

foto: freepik/dusanpetkovic

Jika kamu pernah meninggalkan iPhone di bawah sinar matahari di hari yang panas, kamu mungkin akan mengalami masalah seperti ini. Saat terlalu panas, iPhone dirancang untuk mematikan dan menangguhkan semuanya kecuali fitur panggilan darurat.

Mungkin ada kasus di mana iPhone tidak mau hidup sama sekali dan tidak responsif, tanpa ada apa pun di layar. Namun terkadang, kamu mungkin melihat pesan peringatan suhu yang mengatakan, “iPhone perlu didinginkan sebelum kamu dapat menggunakannya.”

Agar iPhone menyala kembali, dinginkan dengan meletakkannya di tempat yang kering dan sejuk jauh dari sinar matahari. Jangan pernah mencoba mendinginkan iPhone secara instan dengan memasukkannya ke dalam freezer atau di samping AC. Hal ini dapat menyebabkan terbentuknya kondensasi, yang akan merusak perangkat.

2. Isi daya iPhone

foto: freepik/rawpixel.com

Ini mungkin terdengar seperti pilihan yang paling jelas saat iPhone tidak mau hidup. Namun untuk amannya, lebih baik hilangkan dulu panas berlebih sebagai penyebabnya sebelum mencoba mengisi daya iPhone.

Jadi, dalam hal ini, alasan sederhana mengapa iPhone tidak mau hidup adalah karena baterainya benar-benar habis. Kamu mungkin akan melihat ikon Sisipkan Kabel Charger muncul saat mencoba menyalakannya. Saat kamu menyolokkan pengisi daya, ikon tersebut akan hilang. Grafik baterai berwarna merah tetap ada saat iPhone mengisi daya.

Dalam beberapa kasus, jika kamu sudah lama tidak menggunakan iPhone, ikon tersebut mungkin tidak muncul karena semua daya baterai telah habis selama periode penyimpanan. Tetapi bukan berarti iPhone kamu rusak atau tidak dapat digunakan.

Cukup sambungkan iPhone ke pengisi daya dan tunggu selama 15 hingga 30 menit. Jika perangkat masih berfungsi, pada akhirnya kamu akan melihat indikator pengisian daya muncul di layar. Setelah perangkat mengisi daya dan mendapatkan daya yang cukup, iPhone akan menyala secara otomatis.

3. Periksa kabel lightning atau USB-C

foto: techno.id/yani andriyansyah

Jika kabel charger bermasalah, iPhone tidak dapat mengisi daya sama sekali. Jadi, jika ikon Sisipkan Kabel Petir atau USB-C tetap ada. Bahkan setelah kamu menyolokkan dan mencoba mengisi dayanya, iPhone tidak akan menyala, tidak peduli berapa lama kamu menunggu.

Kamu dapat mencoba kabel berbeda dengan jenis yang sama jika mengalami masalah pengisian daya. Periksa juga pengisi daya dinding karena bisa menjadi penyebabnya. Pastikan kamu menggunakan kabel pengisi daya yang aman dan berkualitas tinggi tanpa putus atau rusak. Periksa juga apakah kamu memiliki jenis kabel dan adaptor daya yang tepat untuk iPhone.