Cara mengunduh Android 15

Cara mendaftar untuk mengunduh Android 15 beta di ponsel 

foto: freepik/alicephoto

Sebelum dapat mengunduh Android 15 beta terbaru ke perangkat, kamu harus masuk ke situs Android 15 beta menggunakan akun Google dan memilih untuk “ikut serta” di perangkat tempat kamu ingin menginstal Android 15. Berikut cara ikut serta.

1. Buka situs Android Beta untuk Pixel (pastikan kamu masuk ke akun Google)

2. Gulir ke bawah ke bagian Perangkat yang memenuhi syarat

3. Baca Syarat dan Ketentuan dan FAQ untuk jawaban atas pertanyaan apa pun yang mungkin kamu miliki sebelum mengunduh dan menginstal.

4. Pilih Ikut serta di perangkat tempat kamu ingin menginstal Android 15

5. Kemudian buka telepon kamu yang baru terdaftar

Cara mengunduh Android 15 beta di ponsel  

foto: google

Untuk pengguna Pixel, ada dua cara untuk mengunduh dan menginstal beta terbaru, yang paling mudah adalah pembaruan OTA (over-the-air), mirip dengan cara mengunduh pembaruan OS (sistem operasi) normal. Sementara untuk perangkat Android non-Pixel caranya kurang lebih sama. Berikut cara melakukannya.

1. Buka menu Pengaturan

2. Gulir ke bawah dan ketuk Sistem, yang terletak di dekat bagian bawah daftar

3. Ketuk Pembaruan perangkat lunak

4. Lalu ketuk Pembaruan sistem

5. Pixel kemudian akan memeriksa pembaruan OTA yang tersedia. Jika tidak dicentang secara otomatis, ketuk tombol Periksa pembaruan

6. Setelah menemukan pembaruan yang tersedia siap untuk diunduh, ketuk tombol Unduh dan instal di sudut bawah layar

7. Jika pembaruan beta tidak segera tersedia, periksa kembali dalam beberapa jam, atau cukup tunggu hingga ponsel memberi tahu kamu bahwa pembaruan beta siap untuk diunduh. Metode ini sebagian besar sama pada ponsel Android lain yang memenuhi syarat, tetapi mungkin ada beberapa variasi.

Kamu juga dapat mengunduh pembaruan secara manual melalui Alat Flash Android resmi. Namun, ini hanya disarankan jika kamu benar-benar tidak sabar atau tidak ingin menggunakan metode OTA yang lebih nyaman.