8 Cara memperbaiki layar hitam di perangkat Android

Techno.id - Layar smartphone Android yang menghitam, biasanya bikin panik. Maklum, saat dinyalakan smartphone memberikan isyarat berfungsi dengan adanya getaran atau respons. Saat coba dihubungi melalui telefon, tetap ada nada dering. Begitu juga saat dikirimi pesan tetap memberikan notifikasi berupa getaran atau suara. Tetapi layar tidak menampilkan gambar apapun. Layar menghitam dan tidak berfungsi.      

Ada beberapa penyebab yang membuat layar ponsel Android menghitam. Bisa disebabkan konektor LCD layar longgar, adanya kesalahan sistem. Selain itu bisa juga disebabkan karena kamu baru saja menginstal aplikasi yang tidak kompatibel atau ponsel terpapar panas yang ekstrim. Berikut cara memperbaiki layar hitam di ponsel Android.

1. Pastikan tombol power perangkat tidak macet atau rusak

foto: freepik

Periksa kotoran atau serat. Sebab kotoran yang ada pada tombol power bisa menyebabkan ponsel sulit dinyalakan. Coba tekan tombol power lalu periksa apakah berfungsi seperti biasa. Tekan beberapa kali secara berurutan. Tombol harus ditekan dengan bebas setiap kali ditekan. Setelah membersihkan dan menguji tombol secara menyeluruh, mulai ulang perangkat Android.

2. Bersihkan port pengisian daya

foto: freepik/pvproductions

Debu dan kotoran dapat mencegah ponsel mengisi daya dengan benar. Jadi saat kamu menyalakan perangkat, tidak cukup daya untuk menghidupkan layar. Periksa dan bersihkan juga port pengisian daya menggunakan tusuk gigi kayu untuk mengeluarkan apa pun yang tersangkut di dalamnya. Setelah bersih, colokkan ponsel dan biarkan terisi daya selama sekitar 10 menit. Setelah diisi dayanya sebentar, coba mulai ulang ponsel.

3. Isi ulang baterai

foto: freepik/korosifrancois

Tunggu hingga baterai benar-benar mati dan ponsel mati total. Lalu isi ulang ponsel, dan mulai ulang setelah terisi penuh. Jika ada kesalahan sistem kritis yang menyebabkan layar hitam, cara ini akan membuat ponsel berfungsi kembali.

4. Tekan ponsel

foto: freepik/alexkoral

Tekan ponsel dengan lembut namun kuat dari kedua sisi, tekan bagian depan dan belakang secara bersamaan. Jika ada sambungan yang longgar antara layar dan motherboard, ini dapat membantu menyambungkan kembali sambungan dan membuat layar berfungsi kembali. Jika ini berhasil, pertimbangkan untuk membawa telepon ke pusat layanan resmi agar mereka memasang kembali kabel internal dengan kuat.