Lenovo perkenalkan LOQ 15IAX9I, menyasar gamer pemula untuk memasuki gerbang arena profesional

Techno.id - Lenovo memperkenalkan laptop LOQ 15IAX9I yang menyasar gamer pemula agar bisa menembus kasta profesional. Laptop yang lahir dari warisan Lenovo Legion ini dirancang untuk memperkenalkan dunia game kelas atas kepada gamer pemula. 

Laptop ini diklaim tidak hanya menawarkan performa tinggi, tetapi juga inovasi yang sejalan dengan tren AI generatif karena telah dibekali chipset AI perangkat keras milik Lenovo yakni Lenovo LA1 AI.

Laptop ini menawarkan kombinasi CPU dan GPU garapan Intel, yaitu prosesor Intel Core generasi ke-12 dan Intel Arc 5, yang menghasilkan perpaduan luar biasa antara performa gaming dan daya tahan. Opsi prosesor high performance ini antara lain Intel Core i5-14450HX1, i5-13450HX1 dan i5-12450HX, yang dikonfigurasikan dengan RAM hingga 16GB. Konfigurasi ini  memberikan pengalaman gaming berperforma tinggi bagi gamer muda.

Dibangun pada mikroarsitektur Xe-HPG terbaru Intel, GPU Intel Arc mendukung pengalaman laptop gaming dengan visual yang imersif dan membuka kecepatan frame rate yang tinggi sehingga memberikan pengalaman layar yang mulus dan minim latensi. Hal ini berkat teknologi seperti Intel AI-accelerated XSS image upscaling, full ray-tracing, dan DirectX 12 Ultimate, yang didukung GPU Intel Arc. Bukan hanya untuk gaming, laptop ini juga bisa diandalkan untuk produktivitas lain seperti pembuatan konten multimedia.

Anti ribet atur mode dengan Lenovo AI Engine+

foto: lenovo

Kecerdasan buatan (AI) di perangkat teknologi membantu menyederhanakan rutinitas penggunanya, termasuk dalam bermain game dan belajar. Dengan Lenovo AI Engine+, yang didukung chip Lenovo LA1 AI, pengguna tidak perlu lagi membuang waktu untuk terus-menerus menyesuaikan pengaturan laptop ketika digunakan untuk bermain game dan akademisi.

Sebab, laptop ini mendukung mode Balance, di mana dapat secara otomatis menyesuaikan kinerja laptop sesuai aktivitas yang sedang dilakukan. Misalnya, ketika pengguna sedang melakukan tugas berat atau gaming, performa CPU dan GPU akan dimaksimalkan dan beralih ke mode Performance secara otomatis.

Namun ketika laptop teridentifikasi sedang menjalankan pekerjaan yang ringan, maka secara otomatis akan berubah ke mode Quiet, di mana mesin tidak dituntut untuk menghasilkan performa tertingginya. Dalam hal ini, kekuatan AI sangatlah berperan dan secara dinamis menyempurnakan pengaturan laptop melalui pemantauan sistem real-time, yang dapat diatur lewat menu Lenovo Vantage.

Dari segi gameplay, Lenovo AI Engine+ juga mampu membantu LOQ mencapai FPS yang lebih tinggi, meningkatkan efisiensi daya, dan masih banyak lagi yang dapat membuat para gamer mencapai hasil terbaiknya.

Poratbilitas

foto: lenovo

Laptop gaming selama ini identik dengan bobot yang berat dan ukuran yang tebal sehingga membatasi mobilitas pengguna yang ingin bepergian sambil bermain game. Sementara LOQ 15IAX9I memiliki tingkat portabilitas yang cukup tinggi di kelas laptop gaming dengan dimensi 359.86 x 258.7 x 21.9–23.9 mm dengan bobot hingga 2.45 kg.

Bayangkan jika pengguna harus menyelesaikan tugas kuliah terlebih dahulu, sebelum memainkan judul baru terpanas di hari yang sama. Daripada harus membawa dua laptop dalam satu tas untuk bermain dan belajar, laptop ini mendukung keduanya dalam satu mesin.

Selain itu durabilitas laptop ini juga mumpuni karena telah mengantongi sertifikasi standar militer MIL-STD-810H sehingga tahan benturan dan kondisi ekstrim lainnya.