Begini cara menidurkan aplikasi di perangkat Android agar tidak menguras baterai

Techno.id - Aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menjadi alasan utama mengapa baterai ponsel Android kamu cepat habis. Untuk mengatasi masalah ini, sebagian besar ponsel Android menawarkan fitur yang memungkinkan kamu menghentikan aktivitas latar belakang aplikasi, sehingga mengurangi penggunaan baterai. 

Samsung menyebut fitur ini sebagai “Aplikasi Tidur Pulas”, sementara perangkat lain mungkin menyebutnya dengan nama yang berbeda. Di ponsel Samsung, daftar Aplikasi Tidur Pulas berisi aplikasi yang dalam keadaan tidur nyenyak, yang mencegahnya berjalan di latar belakang dan menghabiskan sumber daya ponsel, terutama baterai.

Jika kamu memiliki aplikasi yang jarang digunakan tetapi diduga menguras baterai, kamu dapat menambahkannya ke daftar ini. Setelah aplikasi ada dalam daftar, aktivitas latar belakangnya dihentikan secara otomatis. Aplikasi hanya menjadi aktif saat kamu membukanya dan kembali tidur setelah kamu selesai menggunakannya.

Pabrikan lain menawarkan fitur serupa, meskipun mungkin tidak dalam format daftar. Kamu mungkin perlu mematikan aktivitas latar belakang secara manual untuk masing-masing aplikasi. Setelah mematikan aktivitas latar belakang aplikasi, kamu akan berhenti menerima pemberitahuan, aplikasi tidak akan diperbarui secara otomatis, dan mungkin perlu waktu lebih lama untuk memuat saat kamu membukanya lagi.

Cara membuat aplikasi tertidur lelap untuk mengurangi konsumsi baterai

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu jarang menggunakan beberapa aplikasi, ponsel Samsung secara otomatis menambahkannya ke daftar Aplikasi Tidur Pulas. Jika ingin menambahkan aplikasi secara manual, kamu dapat melakukannya dengan mudah.

Untuk membuat aplikasi tertidur lelap, buka aplikasi Pengaturan dan navigasikan ke Perawatan perangkat dan baterai > Baterai > Batas Penggunaan Latar Belakang. Selanjutnya, ketuk “Aplikasi Tidur Pulas” untuk membuka daftar.

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Ketuk ikon '+' di pojok kanan atas, pilih aplikasi yang ingin kamu tambahkan dengan mencentang lingkaran di sampingnya, lalu ketuk “Tambah” di pojok kanan bawah.

Aplikasi yang ditambahkan secara manual akan muncul di bawah kategori yang Ditambahkan Pengguna, sedangkan aplikasi yang ditambahkan secara otomatis oleh ponsel akan dicantumkan di bawah kategori yang Ditambahkan Secara Otomatis.

Jika kamu menggunakan perangkat dari produsen yang berbeda, petunjuknya mungkin berbeda, tetapi kamu seharusnya dapat menemukan pengaturan ini di pengaturan baterai atau info aplikasi.

Hapus aplikasi dari daftar tidur pulas

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Meskipun menambahkan aplikasi ke daftar Aplikasi Tidur Pulas dapat memperpanjang masa pakai baterai, Anda mungkin melewatkan pemberitahuan penting dari aplikasi ini. Jika, karena alasan tertentu, kamu ingin mulai menerima pemberitahuan dari aplikasi tertentu, maka dapat dengan mudah menghapusnya dari daftar dan mengizinkannya berjalan di latar belakang lagi.

Untuk menghapus aplikasi dari daftar, buka aplikasi Pengaturan dan navigasikan ke Baterai > Batas Penggunaan Latar Belakang. Ketuk “Aplikasi Tidur Pulas”, lalu ketuk tiga titik vertikal di sudut kanan atas dan pilih “Hapus”. Periksa lingkaran di samping aplikasi yang ingin kamu hapus, lalu ketuk “Hapus”.

Di ponsel lain, kamu perlu mengaktifkan aktivitas latar belakang untuk masing-masing aplikasi dari pengaturan, mirip dengan cara kamu mematikannya.