Iwan Fals siap menggebrak Gaung Merah SeGALAnya di 25 kota

Brilio.net - Gaung Merah bakal kembali digelar. Pada gelaran kedua tahun ini, event yang mengusung tagline Gaung Merah SeGALAnya ini akan hadir di 25 kita di Indonesia setelah tahun lalu hanya mampir di 10 kota saja. Acara ini tidak memungut biaya dan semua orang dengan usia di atas 18 tahun bisa berkunjung dan mencoba keseruan aktivitasnya. 

Event yang menyajikan konser musik, kuliner, dan sinema ini bakal digelar mulai Juni 2024 hingga Februari 2025. Sukabumi akan menjadi kota pertama yang akan digelar 8 Juni mendatang. Setelah itu gelaran akan dilanjutkan di sejumlah kota yakni     

Tasikmalaya, Kotabumi, Palembang, Dumai, Padang, Pontianak, Manado, Palu, Makassar, Lhokseumawe, Padang Sidempuan, Pematang Siantar, Denpasar, Jember, Kediri, Surabaya, Magelang, Solo, Tegal, Purwokerto, Bogor, Serang, dan Jakarta.

foto: brilio.net/yani andriyansyah

Sama seperti tahun lalu, penyanyi legendaris Iwan Fals didapuk menjadi penyaji utama. Bukan tanpa alasan Gaung Merah memilih Iwan Fals sebagai penampil utama. Maklum, penyanyi yang wajahnya pernah terpampang sebagai cover majalah TIME pada edisi 29 April 2002 sebagai Asian Heroes ini memiliki sederet lagu yang tak lekang digilas zaman.

Sebut saja lagu Oemar Bakri yang menarasikan kehidupan seorang guru dengan kesahajaannya namun hidup serba apa adanya ini masih tetap relevan dengan kondisi kehiduoan guru saat ini, termasuk lagu Surat Buat Wakil Rakyat yang punya tempat tersendiri di hati penggemar dan masih tetap memiliki ruh hingga saat ini.    

Bisa dibilang, Iwan Fals menciptakan banyak karya abadi yang masih pas dan enak didengar sampai saat ini. Selain itu, lagu-lagu Iwan Fals juga sarat dengan gambaran kehidupan sosial masyarakat, lingkungan hidup, pun dengan lagu cinta yang tidak cengeng.    

foto: brilio.net/yani andriyansyah

Inilah yang menjadi salah satu alasan Gaung Merah menempatkan Iwan Fals dengan karya-karyanya sebagai titik sentral gelaran Gaung Merah SeGALAnya tahun ini. Setidaknya, karya-karya Iwan Fals selaras dengan visi Gaung Merah sebagai sebuah platform untuk mengapresiasi karya everlasting Indonesia yang tidak hanya musik, tetapi juga sinema, dan kuliner.

“Sejak pertama kali diadakan di tahun 2023, kami ingin menjadikan acara ini sebagai One Stop Entertainment of Everlasting Experience sekaligus sebagai apresiasi terhadap semua hal yang legendaris dan berkualitas dari industri musik, sinema, dan kuliner,” ujar Fabio Junot Ardelto sebagai Gaung Merah representative dalam acara jump apers di Pos Bloc, Jakarta Pusat baru-baru ini. 

Intinya, Gaung Merah SeGALAnya bukan hanya tentang nostalgia, tapi juga berbicara tentang karya yang mampu melampaui zaman, agar dapat menginspirasi generasi berikutnya.

Selain Iwan Fals & Band dan para tamu istimewa seperti T’KOOS Band serta penyanyi ternama lainnya, acara yang merupakan selebrasi atas karya yang tak lekang dimakan waktu ini akan menghadirkan kuliner favorit setiap kota hingga instalasi tematik dari film everlasting terbaik. Selain itu juga ada booth permainan, foto, dan aktivasi menarik lainnya.