Bukan direndam cuka, ini trik memasak terong ungu agar cerah tak kehitaman andalkan 1 bahan dapur

Brilio.net - Selain enak dan murah, terong ungu juga mudah diolah menjadi beragam makanan lezat. Mulai dari terong penyet, asem-asem, balado terong, hingga tumisan. Karena tekstur dagingnya yang lembut dan rasanya yang cenderung manis, jenis sayuran ini digemari banyak orang.

Biasanya sebagian besar masakan dari terong ini memerlukan 2 kali proses memasak. Pertama terong diolah agar lebih lunak. Cara ini bisa dilakukan dengan merebus atau menggoreng terong terlebih dahulu. Selanjutnya terong baru bisa dimasak menggunakan bumbu sesuai selera.

Tak jarang orang lebih memilih melunakkan terong ungu dengan teknik merebus. Bukan tanpa sebab, terong yang diolah dengan cara ini dinilai lebih sehat. Tapi perlu kamu ketahui bahwa terong yang direbus ini biasanya mudah berubah warna menjadi tak cerah hingga kehitaman.

Hal ini karena terong mengalami oksidasi, proses kimia alami akibat oksigen yang terkena pada bagian sayur yang terpotong. Walhasil terong pun menjadi kehitaman. Untuk meminimalisirnya, sebelum direbus kebanyakan orang kemudian merendam terong ungu dengan air cuka.

Namun, tanpa cuka ternyata ada cara lain yang tak kalah praktis agar terong ungu tetap cerah cuma andalkan 1 bahan dapur. Cara ini pernah dibagikan oleh warganet YouTube bernama @Widiaisro Wati.

"Saya mau kasih tips gimana caranya agar warna terongnya itu tetap ungu dan segar," ujarnya dilansir BrilioFood dari akun @Widiaisro Wati, Jumat (31/5).

Rupanya 1 bahan dapur yang dimaksud ialah garam. Caranya yakni dengan merendam terong ke dalam larutan garam.

foto: YouTube/@Widiaisro Wati