Jangan cuma dicuci pakai sabun, begini cara hilangkan bau dan jamur di sutil kayu dengan 2 bahan dapur

Brilio.net - Sutil atau spatula kayu adalah alat dapur serbaguna yang kerap diandalkan saat memasak. Dibandingkan dengan sutil berbahan logam atau stainless, sutil kayu ini punya sejumlah kelebihan tersendiri, lho. Pertama, sutil kayu memiliki bahan lebih lembut, tidak merusak atau menggores permukaan peralatan masak antilengket.

Selain itu, sutil kayu tidak menghantarkan panas dengan cepat. Hal ini membuatnya aman digunakan untuk masakan berbasis air. Sejumlah kelebihan tersebut membuat sutil kayu lebih sering dipilih banyak orang untuk memasak.

Namun sebagaimana perabot berbahan kayu, sutil jenis ini juga harus dirawat dengan baik. Pasalnya, sutil kayu termasuk alat dapur yang mudah sekali berjamur dan mengeluarkan bau tak sedap. Hal ini memang bisa terjadi jika sutil disimpan sembarangan atau bahkan tidak dicuci dengan baik.

Padahal kondisi sutil yang bau dan berjamur tentu kurang layak digunakan karena bisa menyalurkan bakteri ke makanan. Oleh sebab itu, bau tak sedap dan noda jamurnya harus segera dihilangkan. Namun mencuci sutil kayu dengan sabun saja tidak bisa membuat alat dapur satu ini langsung bersih, lho.

Agar bisa bersih maksimal, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh pengguna Instagram @temanlunch. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku punya trik tersendiri dalam menghilangkan bau dan jamur di sutil kayu yang tidak disimpan dengan baik. Jadi nggak cuma dicuci dengan sabun saja, ada dua bahan dapur lain yang digunakan untuk membuat sutil kayu kembali higienis digunakan.