Tak perlu scrub pemutih, 7 cara cerahkan lutut hitam pakai bahan alami ini bikin kulit cerah merata

Brilio.net - Lutut yang tampak hitam dan menggelap adalah masalah umum yang dialami oleh kebanyakan orang. Kondisi ini membuat kulit area lutut jadi belang dan warna kulitnya tidak merata. Penyebab lutut hitam yang paling utama adalah hiperpigmentasi yang terjadi saat kulit memproduksi melanin berlebih.

Selain hiperpigmentasi, ada berbagai faktor penyebab kulit lutut terlihat lebih gelap dari bagian tubuh lainnya. Seperti lutut sering mendapatkan gesekan atau tekanan, penumpukan sel kulit mati, terkena paparan sinar matahari yang berlebihan, peradangan pada kulit, penyakit tertentu, dan faktor keturunan atau genetik.

Lutut hitam memang bukanlah kondisi yang berbahaya dan tidak membutuhkan penanganan khusus. Walau begitu, tak sedikit orang yang tidak percaya diri karena masalah kulit ini, sehingga merasa perlu memutihkan atau mencerahkannya.

Banyak orang memanfaatkan scrub pemutih untuk mencerahkan area lutut, padahal tak semua orang cocok dengan produk pemutih kulit tersebut. Tak sedikit juga yang justru mengalami iritasi karena kandungan bahan kimia di dalamnya.

Padahal tak perlu membeli scrub pemutih lho, karena kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang tak kalah efektif dan lebih ekonomis. Seperti 7 cara berikut ini yang briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (29/4).