Ini penyebab munculnya notifikasi kesalahan 403 saat membuka website, begini cara memperbaikinya 

Techno.id - Pernahkah kamu menemukan pesan kesalahan terlarang 403 saat mencoba mengakses situs web dan bertanya-tanya apa artinya atau mengapa itu ditampilkan? Ada berbagai alasan mengapa kamu melihat kesalahan ini.

Kesalahan terlarang 403 adalah kode status HTTP yang memberi tahu kamu bahwa sumber daya atau halaman yang ingin kamu akses telah diblokir. Pada dasarnya, kesalahan terlarang 403 adalah peringatan "Kamu tidak bisa masuk ke sana". Pesan kesalahan terlarang 403 mirip dengan tanda "Jangan Ganggu" yang ditempatkan tamu hotel di pintu mereka.

Situs web menampilkan pesan kesalahan sesuai dengan kode mereka karena kesalahan ditampilkan dari server, dan dengan demikian, dapat bervariasi. Kamu mungkin melihat pesan kesalahan dalam variasi yang berbeda, 403-Terlarang, HTTP 403 Izin Diperlukan, 403-Kesalahan Terlarang, Akses ditolak, atau Dilarang Kamu tidak memiliki izin untuk mengakses server ini.

Penyebab pesan kesalahan terlarang 403  

foto: freepik/rawpixel.com

Situs web yang berbeda melaporkan kesalahan terlarang 403 karena berbagai alasan dan dengan berbagai cara. Berikut adalah alasan paling umum hal ini terjadi. 

1. Akses konten terbatas untuk anggota berlangganan

Kamu mungkin tidak dapat mengakses situs web karena pemiliknya telah memprivatisasi konten. Mereka bisa melakukan ini dengan alasan apa pun. Misalnya, beberapa hotel, bar, atau pusat kebugaran hanya memiliki akses keanggotaan, sehingga hanya pelanggan yang dapat mengakses situs web. Mungkin juga situs tersebut sedang mengalami perubahan yang belum ingin diungkapkan pemiliknya.

2. Hanya anggota resmi yang dapat mengakses konten

Fasilitas tertentu hanya dapat diakses beberapa orang terpilih. Contoh tipikal dari ini adalah perpustakaan sekolah. Biasanya, kamu akan membutuhkan kartu identitas sekolah untuk mengakses perpustakaan sekolah dan mungkin kartu perpustakaan untuk meminjam buku. Situs web dapat membatasi akses mereka ke pengguna tertentu.

3. Konten situs web terbatas pada lokasi tertentu

Pemblokiran geografis adalah taktik yang digunakan penyedia konten untuk membatasi akses ke konten mereka berdasarkan lokasi. Banyak situs web berfungsi dengan cara ini, dan kamu hanya dapat mengaksesnya jika tinggal di lokasi tertentu. Contoh umum dari layanan yang melakukan ini adalah Netflix.

Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana situs web dapat mengidentifikasi lokasi kamu. Alamat protokol internet (IP) kamu berfungsi seperti alamat. Dimungkinkan bagi seseorang atau layanan untuk menentukan lokasi spesifik dari alamat IP kamu.

4. Beberapa upaya login yang gagal dari alamat IP

Situs web mungkin memblokir alamat IP ketika ada terlalu banyak upaya login yang gagal dari alamat IP tersebut. Situs web biasanya mengambil tindakan pencegahan ini untuk menghindari spam dan posting yang tidak diinginkan dari alamat IP.

5. Penyebab lain dari kesalahan terlarang 403

Alasan lain kamu mengalami kesalahan terlarang 403 adalah kesalahan konfigurasi server. Kesalahan konfigurasi dapat terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk file indeks yang hilang, plugin yang salah dikonfigurasi, izin yang salah untuk file dan folder situs, domain situs tidak mengarah ke server yang benar, atau konflik antara folder dan halaman situs web dengan nama yang identik.