Kisah petani sukses menyekolahkan 10 anak hingga punya profesi mentereng ini bikin salut

Brilio.net - Pepatah mengatakan, banyak anak banyak rezeki. Hal itu mungkin yang terjadi pada keluarga pasangan suami-istri petani dengan sepuluh orang anak ini. Kisahnya baru-baru ini viral di media sosial lantaran keduanya sukses menyekolahkan dan mengasuh kesepuluh anaknya hingga kini punya profesi mentereng. Sang anak, pemilik akun TikTok @leonardorl_ lah yang membagikan cerita haru keluarganya tersebut.

Meski hanya petani biasa, nyatanya pasangan suami-istri ini sangat melek terhadap pentingnya pendidikan bagi masa depan anak-anaknya. Mereka percaya bahwa pendidikan adalah bekal untuk meraih masa depan lebih baik. Brilio.net berkesempatan mewawancarai pria yang mengunggah video untuk mengulik kisah perjuangan yang mengharukan tersebut.

Leonardo Loloallo, anak ke-9 dari pasangan petani itu menuturkan bahwa profesi orang tuanya hanyalah petani sayur-sayuran. Pria tersebut memulai ceritanya dari latar belakang pendidikan orang tuanya yang bisa dikatakan kurang. Ia berkata, orang tuanya hidup menderita dahulu kala lantaran tak mengenyam pendidikan yang layak.

Berangkat dari pahitnya kehidupan tersebut, orang tua ini pun bertekad untuk menyekolahkan anak-anaknya hingga sukses seperti sekarang. Bagi mereka, pendidikan yang tinggi merupakan jalur awal menuju kesuksesan.

foto: TikTok/@leonardorl_

"Bagi orang tua kami, pendidikan merupakan sesuatu hal yang sangat penting mengingat beliau tidak mempunyai pendidikan atau tidak bersekolah sehingga dulu mereka sangat menderita," ucap pria tersebut.

Masih jelas dalam benak Leonardo, pesan dan perkataan bapaknya yang tidak ingin anaknya merasakan penderitaan yang telah mereka rasakan sebelumnya.

foto: TikTok/@leonardorl_

"Cukup kami yang menderita kalian jangan," ungkap pria tersebut.

Pesan ini menjadi bahan bakar bagi semangat sepuluh bersaudara tersebut untuk menjadi orang yang sukses di masa depan. Apalagi orang tuanya juga rela kerja banting tulang untuk mengupayakan pendidikan yang layak bagi mereka. Sang ibu dan ayah rela bekerja dari pagi hingga malam hari demi menyokong pendidikan putra-putrinya.

foto: TikTok/@leonardorl_

"Orang tua kami juga banting tulang di kebun, berangkat pagi pulang sore, kadang malam sampai mereka rela sakit-sakitan demi untuk kami," ujar Leonardo mengisahkan perjuangan orang tuanya.