Bukan pakai serum antiaging, begini cara pudarkan kerutan wajah cuma dengan 1 bahan alami

Brilio.net - Ketika memasuki usia 50 tahun ke atas, biasanya wajah akan dipenuhi dengan berbagai tanda penuaan seperti keriput, kerutan, garis halus, serta kulit yang mulai mengendur. Bahkan wajahnya juga tampak tak lagi elastis. Hal tersebut terjadi karena kulit sudah tak lagi memproduksi kolagen yang merupakan komponen penting dalam regenerasi kulit.

Tak hanya itu saja, kekuatan elastin pada jaringan kulit juga akan mengalami penurunan. Regenerasi kulit bahkan ikut melambat, sehingga kulit akan kesulitan untuk memperbaiki diri. Wajah menjadi bagian tubuh yang paling cepat menua. Kondisi ini terjadi saat produksi minyak alami pada kulit mengalami penurunan, sehingga kering dan tampak mengerut.

Bahkan, lemak pada lapisan kulit bagian dalam ikut berkurang yang membuat kulit tampak kendur dan muncul kerutan di area wajah. Kerutan dan kulit yang mengendur juga diperparah oleh beberapa faktor eksternal. Seperti sinar UV yang berlebihan, paparan sinar matahari tanpa perlindungan, asap rokok, efek samping obat tertentu, stres, berat badan turun drastis, kurang vitamin E, kulit kering, perubahan cuaca, serta faktor genetik.

Meski menjadi hal umum saat seseorang menua, namun kerutan di area wajah cukup membuat kebanyakan orang kurang percaya diri. Nggak salah, kalau banyak yang mencari cara untuk mengencangkan kulitnya agar tampak lebih muda. Di antaranya dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan serum antiaging, serta memanfaatkan bahan-bahan alami.