Cara mempercepat ponsel Android dengan Opsi Pengembang

4. Tingkatkan performa grafis

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Untuk meningkatkan performa game, kamu juga dapat mengaktifkan rendering yang dipercepat pada perangkat keras. Pengaturan tersembunyi ini memberi kamu grafis yang terlihat lebih baik dalam game. Gulir melalui Opsi Pengembang dan temukan “4x MSAA (Multisample Anti Aliasing.)” Alihkan, dan perangkat akan beralih ke OpenGL ES 2.0, yang dirancang untuk grafis kelas atas.

Kinerja yang lebih baik datang dengan biaya konsumsi baterai yang lebih banyak dan pemanasan ekstra. Jadi disarankan untuk berhati-hati saat mengaktifkan mode ini.

5. Optimalkan masa pakai baterai

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Terkadang, ponsel kamu menguras banyak daya baterai saat perangkat tidak digunakan. Kondisi ini bisa jadi karena beberapa aplikasi terus-menerus membangunkan ponsel. Aplikasi terkadang diberi izin untuk berjalan di latar belakang atau mencegah perangkat tidur. Izin tersebut biasanya tidak disembunyikan dari pengguna, dan mencabutnya dapat meningkatkan masa pakai baterai ponsel.

Untuk menghapus izin tersembunyi pada aplikasi yang menguras baterai di latar belakang, gulir melalui “Opsi Pengembang” dan ketuk “Pemeriksaan Latar Belakang.” Kamu akan menemukan daftar aplikasi yang diinstal dengan sakelar di sebelahnya. Nonaktifkan semuanya, dan kamu akan segera melihat peningkatan yang signifikan dalam masa pakai baterai.

Secara default, perangkat Android memiliki “Data Seluler Selalu Aktif”, bahkan saat kamu terhubung ke Wi-Fi. Fitur itu hanya akan menguras baterai. Disarankan untuk menonaktifkannya. Gulir melalui “Opsi Pengembang” dan nonaktifkan sakelar “Data Seluler Selalu Aktif”.

Sistem dan aplikasi sering melakukan pemindaian Wi-Fi bahkan di latar belakang. Lebih banyak pemindaian menyebabkan lebih banyak baterai terkuras. Untuk mengelola pemindaian berlebihan, kamu dapat mengaktifkan “Wi-Fi Scan Throttling” di “Opsi Pengembang”. Biasanya, sakelar ini diaktifkan secara default, tetapi jika tidak, pastikan untuk mengaktifkannya.

Mengaktifkan “Opsi Pengembang“ juga memungkinkan pelacakan sistem, yang merupakan fitur untuk pengembang mengumpulkan informasi teknis. Jadi pastikan untuk mematikannya. Untuk penggunaan biasa, sebaiknya biarkan fitur itu mati. Untuk menonaktifkannya, gulir ke bawah ke “Pelacakan Sistem“ dan ketuk. Nonaktifkan sakelar apa pun yang aktif di layar ini.

6. Mengaktifkan USB debugging

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Buka Opsi Pengembang, cari “USB Debugging”, dan aktifkan. Pengaturan praktis ini memungkinkan komputer kamu terkoneksi ke ponsel menggunakan Android Debug Bridge (ADB). Alat ADB memungkinkan kamu mengontrol penuh ponsel. Kamu dapat memulihkan cadangan, melihat atau merekam layar, dan berinteraksi dengan UI.

Sekarang kamu tahu pengaturan rahasia yang memungkinkan kamu mengoptimalkan dan mempercepat perangkat Android. Anda mungkin tidak memerlukan semua pengaturan ini, tetapi beberapa benar-benar dapat membuat ponsel terasa lebih tajam.