Penjelasan warna port USB

Warna port USB khusus dan fungsinya

Terlepas dari warna port umum, ada beberapa yang langka atau eksklusif.

Port USB merah atau kuning

foto: geekysoumya

Ini adalah port arus tinggi atau sleep and charge. Dengan kata lain, kamu dapat mencolokkan ponsel cerdas ke port ini untuk mengisi daya lebih cepat daripada port USB standar, dan kemungkinan tetap menyediakan daya bahkan ketika komputer yang bersangkutan sedang tidur. Beberapa port merah hanyalah port USB 3.2.

Port USB oranye

Ini adalah apa yang disebut port “retensi tinggi” yang dirancang untuk membutuhkan lebih banyak gesekan untuk melepas steker USB. USB ini biasanya digunakan dalam pengaturan industri, di mana ada kemungkinan getaran dapat membuat colokan USB normal keluar dari port.

Port USB hijau

foto: geekysoumya

Ini biasanya port Qualcomm Quick Charge, standar pengisian eksklusif yang didukung beberapa perangkat, tetapi bukan bagian dari standar USB.

Port USB ungu

Ini biasanya port Huawei SuperCharge, tetapi juga bisa hanya menjadi port USB 3.1 biasa.

Cara memilih port USB yang tepat

foto: geekysoumya

Warna-warna port USB ini sebagian besar hanya digunakan oleh konvensi, jadi kamu bisa menggunakan yang mana saja asalkan bukan port USB putih. Misalnya jika membutuhkan daya untuk pengisian cepat, colokkan dengan baik perangkat kamu ke port USB yang tersedia dan lihat berapa kecepatan pengisiannya.

Jika kamu memiliki beberapa perangkat untuk dicolokkan bersamaan, dan kamu bingung harus memutuskan mana yang cocok untuk perangkat, sebaiknya pilih port USB hitam. Port USB warna lain bisa digunakan untuj perangkat yang membutuhkan kecepatan tinggi, misalnya untuk mentransfer data.