Kondisi ini cukup mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Radikal bebas yang dimaksud adalah paparan sinar matahari yang berlebih, polusi, perubahan cuaca, kulit kering, hingga gaya hidup yang tidak sehat. Nah, beberapa radikal bebas tersebut juga akan memperlambat regenerasi kulit. Jika regenerasi kulit terhambat, maka pergantian sel-sel kulit yang baru juga akan sulit dilakukan sehingga kulit akan kesulitan memperbaiki diri dari kerusakan. Hal ini lah yang juga menjadi penyebab terjadinya penuaan dini.

Kondisi ini cukup mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu, banyak yang mencari cara untuk mengatasi keriput dan kulit kendur di wajahnya. Mulai dari melakukan perawatan antiaging di klinik kecantikan, rutin menggunakan produk skincare, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Bahan-bahan alami banyak dipilih karena bahannya yang mudah ditemukan, bernilai ekonomis, dan tak kalah efektif dari perawatan mahal. Salah satunya seperti yang dibagikan oleh seorang TikToker melalui akun pribadinya @journeywith_winnie pada 12 Mei 2022, yang berisi tentang cara atasi wajah keriput dan kendur pakai kopi dengan tambahan 1 bahan alami. Bahan alami yang dimaksud adalah aloe vera gel.

foto: TikTok/@journeywith_winnie

Kandungan kopi untuk mengatasi keriput dan kulit wajah yang mengendur.

Kopi banyak dimanfaatkan untuk menjadi masker alami yang baik untuk tubuh dan kulit wajah, lho. Menurut American Chemical Society, manfaat kopi untuk wajah berasal dari kandungan antioksidan dan kafein yang tinggi di dalamnya. Berkat kandungannya tersebut, kopi dipercaya mampu menangkal berbagai efek buruk dari radikal bebas, sehingga kulit wajah jadi lebih sehat, cerah, dan awet muda.

Tak hanya itu saja, kandungan antioksidan dalam kopi juga dapat mencegah penurunan kadar kolagen dan membantu meningkatkan produksi elastin, sehingga dapat menjaga kulit tetap kencang dan bebas penuaan.

Manfaat aloe vera gel untuk mengencangkan wajah kendur dan mencegah keriput.

Aloe vera gel atau gel lidah buaya asli adalah bahan alami yang dipercaya dapat membuat kulit tampak lebih kencang, lembap, dan awet muda. Dikutip dari Style Craze, aloe vera gel memiliki kandungan sel fibroblast yang bisa meresap ke dalam kulit. Kandungan itulah yang dipercaya mampu mengencangkan kulit yang sudah kendur.

Bahkan zat tersebut juga bisa memperbaiki kulit, termasuk mengurangi tampilan kerutan dan garis-garis halus. Keriput yang cukup dalam di beberapa area wajah juga akan tampak tersamarkan dan menjadi lebih kencang dengan penggunaan bahan ini secara rutin sebagai masker wajah. Tak hanya itu saja, bahan alami ini juga efektif untuk menjaga kulit tetap kenyal dan terhidrasi.

Mengandalkan dua bahan alami ini saja kamu bisa membuat masker wajah yang efektif untuk mengencangkan wajah keriput dan mengendur. Penggunaan yang rutin juga akan bikin wajah terasa lebih kenyal dan lembap. Ini cara membuat dan menggunakannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @journeywith_winnie, Kamis (25/4).

foto: TikTok/@journeywith_winnie

Bahan:
- 2 sendok makan aloe vera gel
- 1 sendok makan bubuk kopi

Cara membuat dan menggunakan:
1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan bersih dari kotoran serta sisa makeup
4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
5. Diamkan selama 20 menit atau sampai kering
6. Bilas menggunakan air sampai bersih
7. Lanjutkan dengan penggunaan pelembap
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

foto: TikTok/@journeywith_winnie

@journeywith_winnie DIY ANTI-AGING FACE MASK!#beautyhacks #fypシ #fyp #foryou #fypviral #rancakraya #gayaraya #tipsramadan #ramadhan2022 #beautyhacks #skincare #skincaretips ♬ DJ SAH - Tiktok - Sarah Suhairi