Menarik Ditiru, Nih~

Trik hilangkan noda jamur di talenan kayu andalkan 3 bahan dapur.

Dilansir BrilioFood pada dari akun TikTok @our.lil.house pada Selasa (23/4), bahan dapur yang dimaksud adalah garam, baking soda, dan cuka. Pertama-tama, siapkan talenan kayu yang akan dibersihkan. Setelah itu, tuang air panas ke permukaan talenan lalu ratakan. Jika sudah, tuang 1 sdt garam.

foto: TikTok/@our.lil.house

Gosokkan garam ke seluruh permukaan talenan kayu yang berjamur. Selanjutnya, taburkan juga baking soda dan cuka secukupnya ke talenan kayu. Kemudian gosok seluruh permukaan talenan kayu dengan tangan sampai noda jamurnya terangkat.

foto: TikTok/@our.lil.house

Jika sudah, siram talenan kayu dengan air panas. Setelah itu, keringkan talenan kayu. Hasilnya setelah digosok pakai campuran garam, baking soda, dan cuka, noda hitam akibat jamur pun benar-benar hilang. Tampilan talenan kayu jadi cerah lagi seperti baru.

"Rutin lakukan ini agar talenan bersih dari jamur," tulis pengguna TikTok tersebut.

Cara mencegah tumbuhnya jamur di peralatan memasak.

Untuk mencegah tumbuhnya jamur di peralatan memasak, kamu dapat mengikuti beberapa langkah berikut.

1. Pastikan peralatan selalu kering.

Setelah dicuci, pastikan peralatan memasak seperti panci, wajan, dan alat makan benar-benar kering sebelum disimpan. Kelembapan dapat memicu pertumbuhan jamur.

2. Hindari menyimpan peralatan dalam kondisi basah.

Usahakan untuk tidak menyimpan peralatan masak dalam kondisi basah, terutama jika disimpan dalam lemari atau tempat yang tertutup.

3. Gunakan peralatan antijamur.

Beberapa peralatan memasak, seperti spon, lap dapur, atau alas pengering, dapat diimpor dengan bahan antijamur untuk mencegah pertumbuhan jamur.

4. Bersihkan peralatan secara rutin.

Bersihkan peralatan memasak secara rutin dengan deterjen dan air panas untuk menghilangkan sisa-sisa makanan atau minuman yang dapat menjadi sumber nutrisi bagi jamur.

5. Gunakan bahan tahan jamur.

Pilih peralatan masak yang terbuat dari bahan tahan jamur, seperti stainless steel atau porselen, daripada bahan yang lebih mudah terkena jamur seperti kayu.

6. Sirkulasi udara yang baik.

Pastikan lemari penyimpanan peralatan memasak memiliki sirkulasi udara yang baik untuk menghindari kelembapan yang berlebihan.