2 bahan alami yang dimaksud adalah aloe vera gel dan tepung beras

Namun tak hanya itu saja, ternyata ada bahan alami yang tak kalah efektif dari putih telur, lho. Salah satunya seperti yang dibagikan oleh akun TikTok @scha_shaya pada 9 Mei 2023, yang berisi tentang cara atasi pori-pori besar di wajah agar tampak mulus pakai 2 bahan alami. Bahan alami yang dimaksud adalah aloe vera gel dan tepung beras.

"Pori terbuka buatkan kulit nampak tak licin dan kita pun jadi stres sebab lubang kecik2. pakai makeup lagi laa nampak," tulis pemilik akun dalam keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @scha_shaya, Selasa (23/4).

Kandungan aloe vera gel untuk mengecilkan ukuran pori-pori wajah.

foto: TikTok/@scha_shaya

Aloe vera gel menjadi salah satu bahan alami yang punya segudang manfaat untuk kulit. Melansir dari laman Healthline, aloe vera atau gel lidah buaya mengandung antioksidan, vitamin C, dan vitamin E yang baik bagi kesehatan kulit. Seperti mengatasi pori-pori wajah yang tampak besar dan kulit yang mengendur.

Tak hanya itu saja, pelembap alami ini juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen untuk mencegah munculnya tanda penuaan kulit. Bahkan kandungan astringen dalam aloe vera juga akan membantu menyerap minyak berlebih penyebab pori-pori besar, sehingga masalah pori-pori besar dan komedo bisa cepat teratasi.

Manfaat tepung beras untuk mengatasi pori-pori besar.

foto: TikTok/@scha_shaya

Tepung beras mengandung nutrisi seperti vitamin B, mineral, dan asam amino yang berguna untuk memberikan nutrisi yang sehat pada kulit. Tepung beras juga memiliki sifat eksfoliator dan absorben yang mampu menyerap minyak berlebih dari kulit dan membersihkan pori-pori, sehingga mengurangi jumlah kotoran yang menyumbat pori-pori.

Mengandalkan dua bahan alami tersebut, kamu bisa membuat masker atau scrub wajah yang efektif untuk membersihkan pori-pori dan membuat ukurannya lebih kecil. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya berikut ini.

foto: TikTok/@scha_shaya

Bahan:

- 1 tangkai lidah buaya segar
- Tepung beras secukupnya

Cara membuat dan menggunakan:

1. Cuci lidah buaya sampai bersih
2. Bersihkan duri pinggirnya lalu belah menjadi dua bagian
3. Tuangkan tepung beras diatas bagian gel lidah buaya
4. Cuci wajah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dari kotoran serta sisa makeup
5. Gosokkan campuran gel lidah buaya yang sudah dicampur dengan tepung beras pada wajah dengan gerakan memutar
6. Lakukan selama 3-5 menit kemudian diamkan beberapa saat
7. Bilas menggunakan air sampai bersih
8. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
9. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang mulus.

@scha_shaya Pori terbuka buatkan kulit nampak tak licin dan kita pun jadi stress sebab lubang kecik2.pakai makeup lagi laa nampak#schashaya #newmiqa #beautytips #kulitcantiksihat #skincaretips ♬ suara asli - indianestetik