Hasilnya Lezat.

Trik mengolah jantung pisang agar warnanya tetap putih.

Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @mewalik pada Selasa (23/4), bahan tambahan yang digunakan adalah garam. Pada dasarnya, garam dapat membantu mencegah oksidasi pada jantung pisang saat direbus karena sifatnya dapat penghambat reaksi oksidasi. Proses oksidasi dikenal sebagai reaksi kimia di mana senyawa-senyawa yang mengandung oksigen bereaksi dengan lainnya, menghasilkan perubahan tekstur, warna, dan rasa makanan.

Jadi, rebus air di panci atau wajan sampai mendidih terlebih dahulu. Setelah itu, tambahkan garam secukupnya. Lantas jika airnya sudah mendidih, langsung potong-potong dan masukkan jantung pisang dari atas. Nah, hal ini penting dilakukan untuk mencegah perubahan warna pada jantung pisang.

foto: Instagram/@mewalik

Ketika irisan jantung pisang sudah dimasukkan ke dalam air mendidih, tekan-tekan agar semakin terendam. Lalu rebus jantung pisang selama 5 menit. Setelah empuk, angkat dan tiriskan jantung pisang.

foto: Instagram/@mewalik

Nah, jantung pisang yang direbus ini bisa langsung direndam ke air bersih untuk meluruhkan sisa getah dan menghambat proses pematangan (agar tak semakin lembek). Dengan metode ini, jantung pisang cenderung masih tampak putih bersih, lho.

Memang pada dasarnya, ketika jantung pisang direbus dengan garam, bahan dapur garam dapat membentuk lapisan tipis di sekitar permukaan jantung pisang, menghalangi oksigen dari udara masuk ke dalamnya. Hal ini mengurangi kemungkinan oksidasi terjadi serta membantu menjaga warna, tekstur, dan rasa jantung pisang tetap enak.

foto: Instagram/@mewalik

Sejak diunggah pada Jumat (19/4) lalu, video tentang trik mengolah jantung pisang ini telah ditonton lebih dari 160 ribu kali. Nggak heran jika kemudian ada banyak pengguna Instagram lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Bahkan di antaranya, ada yang memberikan trik lain dalam mengolah jantung pisang agar tetap putih.

"Kalau cara saya jantung pisangnya di rebus utuh/ dibelah dua di rebus dulu pakai sedikit garam baru di cacah/iris supaya warnanya tetep cantik ngga menghitam," ungkap Instagram @dinaryaniputri.

"Kalo saya biasa nya pas rebus, dikasih air cuka secukupnyaa saat air mendidih, lalu baru dimasukkan jantung pisang yg sudah di iris," kata Instagram @agustin_nawa.

"Sama ketika membuat keripik pisang. Dipasah di atas wajan langsung biar tidak hitam," sahut Instagram @budi_fmnsyah.

"Nah problemku kalo masak jantung pisang. Tks tipsnya om..sesuk tak coba wkwkwkwkw," papar Instagram @goez01.

"Wah terima kasih tipsnya mas Daniel," ujar Instagram @najmirobbani.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mewalik (@mewalik)

 

Manfaat jantung pisang untuk kesehatan.

Jantung pisang, bagian yang berbentuk seperti bunga di bagian atas buah pisang, memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Kaya serat.

Jantung pisang mengandung serat yang penting untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu mengatur pencernaan dan mencegah sembelit.

2. Sumber antioksidan.

Jantung pisang mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel.

3. Mengandung vitamin dan mineral.

Jantung pisang mengandung vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin C, vitamin B6, kalium, magnesium, dan mangan, yang mendukung kesehatan jantung, fungsi otot, dan metabolisme yang sehat.

4. Menjaga kesehatan jantung.

Kandungan kalium dalam jantung pisang dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Menyokong kesehatan mata.

Jantung pisang mengandung lutein dan zeaxanthin, dua nutrisi yang penting untuk kesehatan mata. Mereka membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan penyakit mata terkait usia.

6. Menyediakan energi.

Jantung pisang mengandung karbohidrat yang dapat memberikan energi instan, menjadikannya camilan yang baik sebelum atau sesudah olahraga.

7. Menyokong kesehatan tulang.

Kandungan mangan dalam jantung pisang membantu menjaga kesehatan tulang dengan mendukung pertumbuhan tulang yang optimal.

8. Menjaga kesehatan kulit.

Nutrisi dalam jantung pisang, seperti vitamin C dan antioksidan, dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan mencegah penuaan dini.

9. Menjaga kesehatan pencernaan.

Serat dalam jantung pisang membantu memelihara kesehatan saluran pencernaan dengan meningkatkan gerakan usus dan mengurangi risiko sembelit.