Cara membuka ponsel yang lupa PIN

Menghapus file PIN menggunakan ADB

foto: play.google.com

Menggunakan Android Debug Bridge (ADB) juga bisa menjadi metode yang berguna jika kamu lupa PIN. Pertama, pastikan kamu telah menginstal ADB di komputer. Kamu dapat mengunduhnya dari situs web Pengembang Android. USB debugging harus diaktifkan di ponsel kamu juga. Kemudian, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Instal ADB di komputer.

2. Hubungkan ponsel Android ke komputer menggunakan kabel USB.

3. Buka command prompt (Windows) atau jendela terminal (Mac/Linux) dan navigasikan ke direktori tempat kamu mengekstrak alat ADB.

4. Hapus file yang terkait kunci PIN. Biasanya, file-file ini adalah gesture.key (untuk kunci pola) atau password.key (untuk PIN atau kunci kata sandi).

5. Setelah menghapus file, reboot ponsel kamu.

Perlu dicatat bahwa metode ini belum dijamin berhasil, dan jika kamu tidak hati-hati, dapat merusak ponsel. Proses ini dapat mengakibatkan hilangnya data. Sebaiknya cadangkan data kamu jika memungkinkan.

Terlebih lagi, metode ini tidak akan berfungsi jika ponsel kamu menjalankan Android 6.0 atau lebih lama. Jika kamu menerima notifikasi kesalahan yang mengatakan "rm: /data/system/gesture.key: No such file or directory", itu berarti kamu tidak dapat melewati layar kunci dengan cara ini. 

Gunakan fitur lupa pola

foto: imyfone

Jika kamu menggunakan versi Android yang lebih lama, yaitu 4.4 atau lebih rendah, maka kamu dapat menggunakan fitur Lupa Pola. Jika gagal membuka kunci ponsel lima kali, sebuah pesan akan muncul di kanan bawah layar, yang menyatakan “Lupa Pola?” Lalu ketuk. Kamu kemudian dapat mengatur ulang kunci layar.

Melakukan reset ke setelan pabrik

foto: freepik/wirestock

Jika metode sebelumnya untuk membuka kunci ponsel Android tidak berfungsi, maka diperlukan reset pabrik. Cara ini akan menghapus semua data di ponsel, namun kamu dapat memulihkan sebagian besar dengan menarik kembali data yang sudah kamu simpan ke akun Google. Pastikan untuk mencadangkan ponsel Android sebelumnya.