Viral jemaah haji pria gendong lansia yang tertinggal rombongan, cerita di baliknya menyentuh hati

Brilio.net - Berhaji merupakan ibadah yang diimpikan oleh umat Islam. Ibadah haji dianjurkan bagi muslim yang berkemampuan secara finansial dan fisik. Namun, nggak semua umat Islam di Indonesia yang mendaftar haji akan segera diberangkatkan.

Untuk jemaah haji reguler akan masuk ke antrian untuk menunggu giliran berangkat haji. Maka dari itu, banyak jemaah haji asal Indonesia yang sudah lansia.

Kendati demikian, usia yang sudah tak lagi muda membuat fisik terbatas. Nggak sedikit lansia yang kesulitan untuk menunaikan haji karena kecapekan. Bahkan, ada lansia yang tertinggal dari rombongan karena kelelahan.

foto: TikTok/@anitadewikurniasih

Biasanya, para lansia akan dibantu oleh para petugas yang berjaga. Lain halnya yang direkam oleh akun TikTok @anitadewikurniasi. Dari video tersebut, terlihat seorang jemaah haji paruh baya tengan menggendong seorang nenek.

Dari video tersebut, keduanya terlihat sebagai seorang ibu dan anak. Yakni, sang anak menggendong ibu agar tidak terlalu capek. Namun, rupanya bukan seperti itu kisahnya.

Salah seorang jemaah haji yang berangkat bersamaan dengan pria tersebut menjelaskan jika nenek itu bukan ibunya. Wanita lansia tersebut merupakan jemaah haji yang tertinggal rombongannya. Maka dari itu, si pria membantunya agar tidak tertinggal dengan menggendongnya.

foto: TikTok/@anitadewikurniasih

"Aku bareng waktu berangkat dari mina ke jamarot sama bapa ini, aku kira dia gendong ibunya gataunya kalo ga salah nenek yg di gendong itu jamaah yg ketinggalan rombongan. haji mabrur ya pa," tulis @mauliyaaaaa di kolom komentar.

Dari video itu, tampak sang pria tidak menunjukkan wajah letih. Melainkan paras bahagia saat beribadah haji sambil menggendong si ibu. Lamanya waktu pria membantu si ibu terlihat dari kondisi langit masih cerah hingga sudah petang.

foto: TikTok/@anitadewikurniasih

Momen tersebut menjadi viral di TikTok dengan ditonton nyaris 1 juta kali, tepatnya 970 ribu penonton pada Jumat (21/6). Warganet pun mengaku salut dengan sang pria yang mau membantu meski tidak saling kenal. Kebaikannya terlihat tulus seakan dengan ibu sendiri.

"Masya Allah betapa mulanya hati orang semoga menjadi haji mabrur Amiiin yarabbal Alamiin," kata @ayuzintiya.

"YA ALLOH smg bpk yg menggendong nenek ini keduanya haji mabrur," kata @ci.yun.

"Beliau tidak terlihat lelah. terlihat senang sekali. begitu indah kuasamu allah," kata @onedhis.

"Tdi liat kirain emng ibunya.. Pas baca komenmu makin nangis 😭 masyaallah baik banget bapaknya, juga amalan apa yg d buat si ibu smpe ktemu org baik," ujar @aviccena46.

"Pahalanya yg luar biasa tdk terhingga," ujar @devisitisopiah.

@anitadewikurniasih

 

♬ KUASAMU_BCL - yangbidari